Pemaknaan Hidup

November 5, 2008 at 9:30 am (Filsafat dan Gaya Hidup)

Akhir-akhir ini saya sedang tidak bahagia. Entahlah, kehidupan saya semenjak kepergian bapak, terasa sangat sulit. Saya semenjak itu, lebih sering menghabiskan waktu dengan merenung, diam, dan meratapi hidup ini. Sempat terpikir di benak saya kala itu, apakah hidup ini jika saya merasa tertekan dan depresi ? Semenjak itu pula, saya merasa, hidup ini tak punya makna, hingga suatu waktu, saya bertemu dengannya. Dia tuhan bagi saya. Melebihi Yesus. Dia tuhan bukan karena dia maha kuasa. Dia bahkan tidak pernah melakukan apa-apa. Tetapi, dia membuat saya sadar, jika hidup ini meaningful dan penuh warna. Entahlah, saat itu, semenjak dia ada, saya merasa sangat “hidup”. Tidak pernah terpikir di benak saya kalau hidup itu membosankan, toh saya juga tidak pernah merasa khawatir mengenai kuliah saya. Tapi itu hanya berlangsung singkat, taklebih dari 4 bulan. Setelah itu, dia mati dan disalib, seperti Yesus. Dia disalib pada kayu kemunafikan dan kebohongan. Saat itu, saya merasa tertekan lagi. Sempat saya gontai dan tidak punya pegangan. Saya merasa sendiri, nobody there. Itu merupakan momen paling desperate dalam hidup saya. Setiap malam, saya selalu disibukkan oleh pikiran-pikiran yang mempertanyakan kembali, apa makna hidup itu, apa itu kebahagiaan, dan apa itu manusia ? Saking sibuknya dengan perenungan-perenungan sederhana saya, saya seringkali lupa tidur. Begitulah rutinitas saya sekitar 1 tahun lalu. Berangkat pagi untuk datang kuliah, di dalam kelas hanya merenung, tidak pernah terpikirkan untuk memperbaiki IP saya, lha gimana mau memperbaiki IP, jika saat itu, saya tidak mengerti kenapa saya harus kuliah. Saya seringkali saat itu berada di kampus hingga malam, mencari tempat sepi, lalu surfing sendirian sembari mengisi lembar-lembar blog dengan puisi kesendirian. Kuliah saya berantakan, bahkan hingga sekarang. Saya tidak peduli, apakah besok ujian atau tidak (bahkan saat ini saya tidak ikut UTS Sinyal&Sistem). Read the rest of this entry »

Permalink 3 Comments