Tentang Penulis

Kalau ada yang tanya nama,Image Hosting by PictureTrail.com

Itu bukan soal

Kalau ada yang tanya asal,

Itu tidak akan mengusik jiwa

Kalau ada yang tanya agama,

Itu hanya membual

Kalau ada yang tanya apakah sesal,

Itu hanya ada pada saya…

 

Penulis, adalah seorang pelajar yang saat ini masih kuliah di ITB, Bandung. Ia diperbolehkan untuk mengecap indahnya dunia yang pertama kali, di Bengkulu sekitar 18 tahun silam. Penulis menyukai filsafat, sastra, ekonomi, sosial, dan politik sejak remaja. Minatnya yang paling besar terletak pada bidang filsafat. Buku pertama yang dibaca oleh penulis pertama kali –tentunya yg berhubungan dgn filsafat- adalah Dunia Sophie (Sophie’s World). Selain itu, Penulis sangat menyukai buku-buku karangan Jostein Gaarder (Sophie’s World, Vita Brevis, Orange Girl, dll), David Hume (A Treatise of Human Nature),F. Nietzche (Zarathustra, Beyond Good and Evil), Fritjof Capra (Titik balik peradaban, Hidden Conmection, Tao of Physic, dll), dan juga buku2 sastra lainnya, seperti buku karangan Paul Coelho, sajak2 dari S. Joko Darmono, serta karya sastra kontemporer lainnya. Masa kecil penulis dihabiskan di Bengkulu (semnjak lahir sampai umur 7 tahun), pendidikan SD ditempuh di SD Marsudirini Jogjakarta, SMP di SMP Negeri 8 Jogjakarta, dan pendidikan SMA ditempuh di SMA Negeri 3 Jogjakarta. Semenjak kecil , penulis memang kerapkali bertanya2 tentang dunia yang ajaib ini, baginya, sebuah dunia bukanlah sekedar tempat untuk mampir minum kopi, atau tempat sementara utk hidup. Lebih dari itu, penulis merasa dunai yang ia tinggali sebagai dunia ajaib, yang di dalamnya tersembunyi soda pelangi yang sangat enak dan juga tersembunyi berbagai entitas-entitas misterius lainnya.

Penulis biasanya menggunakan nama YesaLover atau Broken Hearted dalam setiap artikel dan karya tulisnya. Kedua nama ini, mempunyai arti yang sedemikian besar, sehingga mereka terlalu berharga jika tidak digoreskan dalam karya-karya penulis. Selain nama samaran, penulis juga diberikan sebuah nama yg indah oleh almarhum ayah tercinta, Wijen Pontus Solis Sunu Satria, sebuah nama yang sampai saat ini masih banyak menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang. Penulis sadar, jika dalam setiap karya tulisnya, mengandung banyak kelemahan dan kekurangan, bahkan mungkin, coretan-coretan ini tidaklah layak untuk disebut sebagai sebuah “karya”. Oleh karena itu, dengan sangat terbuka, penulis memohon kiranya pembaca sudi meluangkan waktunya utk mengkritisi dan memberi saran atas tulisan-tulisan tadi. Ibarat, setetes air di tengah samudera, sedemikian tidak berartinya coretan-coretan penulis itu.

Selama ini, penulis merasa sangat berhutang budi pada sahabat-sahabat yang selama ini mau dengan setia mendampingi penulis dalam menghadapi indahnya dunia ini. Penulis harus mengakui, jika mereka telah mengajari indahnya sebuah relasi sejati antar manusia, yang tidak lekam oleh waktu, dan tidak sirna oleh keegoisan manusia. Mereka, sahabat-sahabat penulis, merupakan harta yang tidak ternilai buat penulis dan tidak dapat tergantikan oleh objek materiil yang ada. Melalui artikel-artikel ini, penulis ingin mendedikasikannya untuk mereka, sebagai ungkapan terima kasih atas rasa kesetiakawanan yang besar –yang sampai saat ini, belum ditemukan tandingannya-.

Keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi penulis di :

Alamat FS : mellida@telkom.net

Email : broken_hearted@telkom.net

NB. Bagi yg mengunjungi situs ini, sekali lagi, penulis sangat mengharapkan kritikannya…Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, semoga tulisan2 yg tidak sempurna ini bisa berguna utk para pembaca sekalian.

GBU

wassalam

Sapere Aude !!!

~Broken Hearted~

Lucem Aspicere vix Possum (Cicero)

Lihat Blogq Lainnya
(Sapere Aude !!!)

15 Comments

  1. Fida Abbott said,

    Aduh jangan broken heart-lah. Khan kacian. Happy-lah khan katanya punya banyak teman yang baik. Nah setahuku, seseorang yg punya banyak teman yg baik, hari-harinya tidak akan broken heart karena ada mereka yg menghibur dan bersamanya.

    Salam kenal,
    Fida di USA

  2. yesalover said,

    Nama Broken_hearted cuma utk mengingatkan saya jika saya pernah patah hati berkali2 ^_^

  3. nana said,

    blognya bagus loh..
    ya, walaupun isu tulisan dan artikelnya ga terlalu mendalam, secara umum okelah.
    jangan2 neh blog tercipta dari patah hati lagi.
    the power of love seh ge dah tau dari dulu, tapi “the power of broken heart” baru sekarang deh..
    ato lebih tepatnya “confession of broken heart”..
    whatever itu,,,
    ganbatte ne…

  4. widy said,

    Salut…
    Itulah kata yang paling tepat untuk Mas Yesa Lover
    Sebagai seorang muda, Mas Yesalover sudah terlibat begitu mendalam dengan filsafat.
    Menurut Mas Yesa, Bagaimana caranya ya agar anak muda jaman sekarang bisa diajak berfilsafat atau paling tidak berpikir kritis terhadap dirinya sendiri.
    Thnks sebelumnya.

  5. yesalover said,

    mba widy, widy sapa neh??tau blog saya dari mana???Hm, susah juga ya pertanyaannya, coz zaman sekarang, filsafat dianggap sesuatu yg tabu, sulit dimengerti, atau bahkan bertentangan dengan agama dan religiusitas….Tp, menurut saya, satu2nya cara agar anak2 muda mengenal filsafat adalah melalui pengajaran diskusi, sama seperti sokrates dan plato, yang mengajar orang2….mungkin ga harus selalu via pendidikan formal, tp at least bisa melalui orang2 yg cinta filsafat….

  6. satria anandita said,

    wah, saya jadi mau ikutan urun rembug nih…

    pertama, saya agak tercengang dengan riwayat pendidikan penulis. smp negeri 8 jogja dan sma negeri 3 jogja adalah sekolah yang kualitasnya tidak main-main. kalo sekarang penulis berusia 18 tahun, berarti penulis satu angkatan dan umuran dengan saya. saya dulu juga pernah main-main ke sma negeri 3 jogja dalam rangka pertukaran pelajar, itu sekitar bulan agustus tahun 2005. saya juga punya saudara perempuan yang juga alumni sma itu tahun 2006 dan sekarang kuliah ugm jurusan teknik elektro.

    kedua, kalo penulis suka dengan filsafat, sastra, ekonomi, sosial, dan politik, saya juga suka. hanya saja, saya juga suka sekali dengan olahraga.

    ketiga, kalo penulis kerap menggunakan nama “broken hearted” hanya untuk mengingatkan jika pernah patah hati berkali-kali, maka saya sering menggunakan nama “str” untuk mengingatkan jika saya harus senantiasa kuat walaupun pernah patah hati berkali-kali *kekeke*.

    keempat, buat widy dan yesa, filsafat tidaklah bertentangan dengan agama ataupun religiusitas (ini menurut saya, lho…). filsafat hanya bertolak dari tempat asal yang berbeda saja. apabila filsafat bertolak dari rasio manusia, agama bertolak dari kebesaran Tuhan. dan kedua hal ini sebenarnya harus berjalan seiringan dan seimbang, tidak ada yang boleh mendahului karena manusia diberikan iman dan akal budi oleh Tuhan. tidak iman saja, tidak akal budi saja.

    terakhir, buat pertanyaan widy, cara agar anak muda bisa diajak berfilsafat dan berpikir kritis adalah dengan dirangsang dengan diskusi-diskusi, sama halnya dengan yang telah diungkapkan yesa. dan dalam proses diskusi itu harus ada orang lain yang berperan sebagai bidan dalam membantu anak muda melahirkan ilmu pengetahuan yang baru. dan supaya anak muda bisa diajak berdiskusi, tentu saja harus diciptakan suasana yang kondusif, yaitu seperti menghadapkan anak muda itu kepada suatu masalah atau problematika yang relevan dengan topik yang ingin didiskusikan. tentunya ini bukan suatu proses mencari-cari masalah, tapi biarlah masalah itu datang dengan sendirinya untuk kemudian menampar keras hatinya agar anak muda tersebut bisa menyadari bahwa sebenarnya masalah bukan untuk dihindari namun dipikirkan jalan keluarnya secara baik dan benar (ini kejadian yang langka). ini hanya salah satu contoh.

    demikian urun rembug saya, apabila ada yang salah mohon dimaklumi karena saya juga sudah nguantuk… *kekeke*

    salam,

    ~str~

  7. Nayz said,

    wah saya ketemu oarng hebat lagi
    salam kenal ya pak

  8. iyet said,

    nice blog..

    oy, salam kenal, sering di PMK ITB? kl ya, brarti kita sbrangan dikit, tongkronganku di UKSU.. anak TI 2005..

    oy, dapat link blog nya di rileks.. hehe..

    selamat berkarya..

  9. davidgultom said,

    oi pontus.. akhirnya awak berkunjung juga ke blog kau,,,ehehe…
    tau ga ini sapa?? rilekses nick david78,,hoho
    blognya bagus..
    mantap..
    sama kaya yang di atas,, awak uksu juga.. iya ga,yet??
    di uksu kami juga sering diajak2 diskusi,, dari situlah kami mulai terangsang untuk berpikir kritis tentang yang ada di sekitar kami..
    hmm,, melihat bacaan2 yang pernah penulis baca,, penulis ini ngeri juga yah..hoho..
    oke deh, sering2 berkunjung ke blog awak yah,,
    Gbu

  10. ridho said,

    mas, ajarin aku bkin blog donk..
    niblog bkinnya dmn?

  11. DenBaguse said,

    Salam kenal
    Selamat belajar n sukses selalu…..

    GBU

  12. shendiary said,

    oo wijen toh..
    tdnya bingung yesa lover siapa..hehe
    ok ok ta’ intip2 ya blog nya..

  13. putri said,

    gimana ne biqn blog nya hayo bagi2 ilmu lah.
    sori ga kritikin isi blog kmu, blum baca smua.
    selalu smangat & bahagia yaa, wijen.
    trima kasih

  14. yesalover said,

    Iy deh Put…apa besok waktu MTC, qt mbahas gimana caranya bqin blog ?🙂 hehehe
    Tetep semangat juga ya put…moga2 putri bahagia di sisinya (???)…hehehe

  15. igjepara said,

    gan.. tukeran link yuk.. blognya bagus keep sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: