Prinsip Dasar Dalam Berinvestasi Saham

November 15, 2008 at 1:21 pm (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Walaupun, saya sebenarnya seorang teknikalis, dan bukan seorang fundamentalis, toh saya juga tidak menyangkal bahwa ada prinsip dasar yang harus dipegang jika seseorang akan terjun ke dunia saham, terutama bagi seorang investor (bukan trader).

Sebuah saham, bukan hanya ticker yang berjalan di papan bursa, tetapi itu adalah surat kepemilikan perusahaan yang menunjukkan aktivitas bisnis sesungguhnya dari perusahaan tersebut. Bahkan seringkali harga saham tidak mencerminkan kinerja perusahaan itu (terutama untuk di Indonesia, maklum, soalnya investor kita masih trend follower).

Pasar dapat dianalogikan sebagai pendulum yang terus berayun, dari simpangan tertingginya, lalu titik kesetimbangan (titik terendahnya). Seorang investor yang cerdas mestinya membeli saham saat orang-orang sedang banyak yang menjual, dan menjual saat orang sedang banyak membeli (membeli di harga rendah, menjual di harga tinggi, tetapi bukan yang tertinggi). Tetapi, patut diperhatikan juga mengenai fundamental perusahaan, jangan sampai membeli di harga rendah padahal harga rendah itu memang disebabkan oleh fundamental perusahaan yang buruk.

Nilai masa depan sebuah instrument investasi merupakan fungsi dari nilainya masa sekarang. Jadi, semakin mahal Anda membeli sebuah instrument investasi, maka semakin rendah tingkat pengembaliannya. Intinya, jangan membeli instrument investasi yang sudah overvalued.

Melakukan investasi mau tidak mau harus berhadapan dengan resiko investasi. Tidak ada satu investor pun yang mampu menghilangkan resiko ini, yang ada adalah investor yang mampu meminimalisir resiko yang ada. Benjamin Graham menyebut hal ini sebagai “margin of safety”. Caranya, adalah dengan membeli di harga serendah-rendahnya, diversifikasi, dan melakukan hedging.

Kesuksesan dalam berinvestasi banyak dipengaruhi oleh diri Anda sendiri. Sabar, tekun, dan terus belajar merupakan salah satu dari sekian banyak karakter yang akan membawa Anda dalam kesuksesan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: