Analisis IHSG per 5 November 2008

November 6, 2008 at 10:34 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Berikut ini hasil analisis teknikal IHSG untuk 3-7 hari ke depan.

ihsg

Keterangan :

Sebenarnya agak sulit untuk memprediksi IHSG minggu-minggu ini…Soalnya, indikator-indikator yang saya gunakan sulit untuk dibaca. Tetapi, support kuat IHSG untuk minggu ini ada pada level Rp 1260. Harga untuk minggu ini cenderung akan koreksi hingga paling cepat 2 hari ke depan (artinya, hingga hari Jumat besok, harga akan terkoreksi ke bawah). Tenang saja, koreksi ini bersifat sementara karena ini disebabkan oleh sentimen negatif dari pasar US lagi. Hari ini, Kamis, pukul 21.30 WIB, USA akan mengumumkan Initial Claims, Jobless Claim, Labor, Cost, dan Productivity. Sayangnya, investor US melihat ekspektasi melebihi 480.000, biasanya menjadi pertanda untuk resesi ekonomi berkepanjangan. Ekonom juga akan memprediksi produktivitas melemah hingga 0.8 %, dan ini berhubungan dengan ekspektasi ongkos pekerja yang meningkat hingga 2.8 %. IHSG saya prediksi masih mengikuti perkembangan harga DJI. Indikator-indikator semacam RSI, Stochastic, dll menunjukkan sinyal netral. Jadi, untuk beberapa waktu ke depan, pergerakan IHSG akan mengikuti market global. Berikut ini, gambar DJI secara teknikal.

djia

Keterangan :

Secara teknikal, support kuat DJI pada median line Andrew’s Pitchfork, yaitu selama rumus di bawah ini tidak terpenuhi, (Harga hari x = 8700-(350/6*x ). Perlu dicatat jika rumus itu hanya berlaku hingga 6 hari ke depan (hingga hari Kamis minggu depan). Jadi, jika harga memenuhi rumus itu, dan hari berikutnya jatuh di bawah hari itu, maka dapat dipastikan harga akan terkoreksi tajam dan cukup lama. Sebaliknya, jika rumus tersebut tidak terpenuhi, maka dalam waktu 2 hari kemudian, akan terjadi reversal tajam menuju bullish. Tentu saja, pergerakannya tidak akan linear, tetapi akan diselingi oleh koreksi-koreksi beberapa puluh poin. Sedangkan untuk 2 hari ke depan (minimalnya), harga akan tetap terkoreksi ke bawah (apalagi melihat candle tanggal 5 November itu).

Rekomendasi :

Bagi Anda yang tidak mempunyai jantung kuat, sebaiknya jauhi market hingga seminggu ke depan (atau menunggu konfirmasi berikutnya). Pasar minggu ini akan sangat beresiko. Tetapi, justru bagi seorang day trader minggu ini akan menjadi tantangan yang sangat dinantikan🙂 .

~Best Regards, Yesalover~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: