Analisis Singkat IHSG

November 3, 2008 at 9:09 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

IHSG masih akan terus rally ke atas, hingga 2-3 hari ke depan, sisanya, masih akan cenderung bullish diselingi koreksi-koreksi singkat. Berikut ini, sentimen positif yang mendukung penguatan IHSG.

  • Pemilu AS –> Pemilihan Presiden AS yang akan diselenggarakan besok (4 November 2008) akan sangat menentukan perekonomian AS ke depannya. Berdasarkan survey yang telah dilakukan belakangan ini, chance Obama yang besar sebagai kandidat terpilih akan membawa sentimen positif ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini lebih disebabkan kebijakan ekonomi demokrat, dan sentimen negatif dari pemerintahan partai Republik, George Bush. Seperti yang kita ketahui, semasa kepemimpinan Bill Clinton, yang berasal dari partai Demokrat, cadangan devisa AS sempat surplus. Berbeda dengan sekarang, di mana cadangan devisa AS malah defisit hingga hampir 7 kali anggaran APBN Indonesia.
  • Penjualan Saham BUMI –> Saham BUMI yang akan dilelang juga memberikan sentimen positif, terutama pada calon-calon pembelinya, seperti PTBA. Tentu saja, dengan penjualan saham BUMI, diharapkan kondisi keuangan perusahaan Bakrie Group juga akan membaik.
  • Global cut rates –> Banyaknya bank sentral negara-negara di dunia yang melakukan cut rates juga memberikan sentimen positif. Seperti diketahui, dengan rendahnya rates maka diharapkan sektor riil dapat bertumbuh lebih cepat.
  • Bursa regional –> Karena mayoritas investor Indonesia adalah tren follower, kenaikan indeks-indeks regional juga memberikan sinyalemen positif tersendiri bagi kenaikan IHSG.
  • Inflasi oktober 0.45 % (MoM) –> Inflasi yang lebih rendah dari bulan September, memberikan angin sejuk bagi pergerakan indeks kita. Apalagi, pada awalnya, inflasi bulan Oktober malah diperkirakan lebih tinggi dari bulan September, karena adanya krisis keuangan global.
  • Bi berhenti naikkan BI rates –> BI akan berjanji untuk tidak menaikkan BI rates kembali. Malahan, BI menyatakan akan segera menurunkan BI rates. Kebijakan ini dinilai sangat tepat, melihat pertumbuhan sektor riil yang mulai stagnan, dan memerlukan stimulus bunga kredit yang rendah.

Best Regards,

Yesalover

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: