[Analisis Saham] Beberapa Emiten Yang Profitable

November 3, 2008 at 9:31 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Berikut ini, saya merekomendasikan beberapa emiten, yang menurut saya (secara garis besar, tanpa teknikal) cukup bagus. Nanti, ke depannya, saya akan berikan analisis tambahan dengan menggunakan teknikal analisis.

  1. PTBA –> Sentimen yang sangat mendukung adalah terlibatnya PTBA dalam upaya pembelian saham BUMI resource.  Apalagi, laba PTBA untuk pertama kalinya menembus angka Rp 1,321 triliun, atau melonjak drastis sebesar 150 %. Ini adalah laba tertinggi PTBA sepanjang sejarah.
  2. Saham-saham perkebunan, kecuali UNSP. Hal ini disebabkan karena pajak ekspor CPO bulan november diturunkan hingga 0 %. Saya tidak merekomendasikan UNSP karena dia masih terkait dengan grupnya Bakrie. Tunggu sampai penjualan saham BUMI beres, baru lakukan aksi.
  3. UNVR –> Menilik laporan keuangannya yang terbaru, laba UNVR naik sebesar 22 %.
  4. JSMR –> Laba perusahaan ini meningkat sebesar 307% pada laporan keuangan triwulan III tahun 2008 ini. Laba bersih ini ditopang oleh pendapatan yang meningkat 35% pada kuartal III-2008 menjadi Rp 2,497 triliun dari Rp 1,849 triliun pada periode yang sama tahun 2007. Peningkatan pendapatan tersebut disebabkan karena adanya peningkatan volume kendaraan sebesar 2% pada periode tersebut dimana jumlah transaksi jalan tol yang dikelola Jasa Marga meningkat dari 644 juta kendaraan di 2007 menjadi 657 juta kendaraan di 2008. Apalagi, pada laporan keuangan ASII, penjualan mobilnya juga meningkat sebesar 45 %.  Tentu saja, dengan meningkatnya jumlah mobil, maka semakin banyak pula pemakai jalan tol, sehingga, sangat wajar jika pendapatan JSMR meningkat tajam. Selain itu, terdapat pula pnyesuaian tarif sebesar 12,4% di 2 ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga yaitu tol Jakarta-Cikampek dan tol Prof. Dr. Ir. Sediyatmo yang memberikan andil kepada peningkatan pendapatan di kuartal III-2008.
  5. SMGR –> Laba perusahaan ini pada triwulan III tahun 2008 juga melonjak tajam sebesar 41,46%, serta kebijakan perusahaan yang berkomitmen untuk mengurangi hutang luar negeri untuk mencegah meningkatnya cost of money dari pinjaman tersebut.

Demikian sedikit analisis singkat berdasarkan sentimen positif dan fundamental perusahaan. Ke depannya, saya akan membahasnya lebih lanjut lagi.

Best Regards.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: