[Analisis Saham] ANTM; Antara Mesin Dengan Analisis Manusia

November 3, 2008 at 7:50 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Mengapa judul analisis saya kali ini seperti itu ? Ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu software tambahan untuk analisis teknikal saya, yaitu ELWAVE. Sesuai dengan namanya, program ini didesain untuk menganalisis pattern-pattern based on Elliot Wave Theory (Kapan-kapan, saya akan ulas lebih lanjut tentang teori ini. Sueerr dech !). Karena saya penasaran, alhasil, sebagian besar waktu saya, dipergunakan untuk menjajal keakuratan hasil analisis ini. Nah, pada analisis saham ANTAM kali ini, saya menemukan dua analisis yang sedikit berbeda. Analisis pertama, menggunakan program Metastock 10. Tentu saja, kali ini, program Metastock hanya sebagai alat saja, sisanya, toh, tetap saja saya yang melakukan analisis. Seperti biasa, saya cukup menggunakan beberapa indikator pada software ini, yaitu 2 Relative Strength Index (RSI), Stochastic Oscillator, AO Elliot Wave Oscillator, 2 garis Moving Average Exponential, dan 2 garis Moving Average Simple. Tentu saja, saya tidak akan memberitahu time period yang saya gunakan pada masing-masing indikator, cari saja sendiri yah🙂. O iy, selain menggunakan indikator-indikator di atas, saya juga menggunakan Andrew’s Pitchfork dan beberapa garis aksesoris untuk menentukan support-resistance pada saham ini. Berikut ini gambarnya :

Keterangan :

Saham ini akan tetap naik, dalam kurun waktu sekitar 2-3 hari, dengan target price adalah Rp. 1200-1300. Hal ini diindikasikan oleh resistent yang dibentuk oleh Median Line Andrew’s Pitchfork, dan Elliot Wave Oscillator yang dalam waktu dekat akan positif. Tetapi, Elliot wave Osc. tidak akan tembus hingga level 50. Setelah mencapai harga tersebut, saham ini akan mulai fluktuaktif singkat, akan terkoreksi, yang diindikasikan oleh dua garis RSI yang sudah mulai berhimpit, dan diprediksi segera reversal berdasarkan pola-pola sebelumnya. Belum lagi jika ditambah volume perdagangan yang sudah mulai memuncak dan mengindikasikan akan segera koreksi. Support kuat saham ini ada pada level Rp 1050, lalu berikutnya pada level Rp 850. Untuk jangka waktu menengah (minimal 3 bulan), kondisi saham ini akan berada pada keadaan sideways hingga bearish. Apalagi, laporan kuartal yang baru keluar ini menyatakan jika laba perusahaan ini merosot hingga 58 % (baca di sini). Saran saya, seperti biasa, sebaiknya swing saja, 2-3 hari cukup. Saya tidak merekomendasikan untuk jangka pendek-menengah. Tetapi, masih direkomendasikan untuk jangka panjang. Apalagi, masih ada kemungkinan bagi ANTAM untuk ikut-ikutan membeli saham BUMI yang dilelang pada konsorsium Northstart Pacific.

Itu tadi untuk hasil analisis pribadi saya, lalu bagaimana jika kita melihat hasil analisis software Elwave ? Berikut ini adalah hasilnya :


Keterangan :

Dari gambar di atas, terlihat jika tren untuk jangka menengah (intermediate) akan turun, dengan target support Rp 629 (probabilitasnya sekitar 70%), sedangkan untuk tren jangka pendek (minor) juga akan turun, dengan target Rp 853 (probabilitasnya sekitar 32%). Ini diindikasikan sebagai target zones yang berwarna orange-merah pada gambar.

So, bagaimana ? Mana yang lebih akurat ? kita lihat saja ke depannya. Saya pribadi seh masih cenderung setuju dengan hasil analisis Elwave untuk jangka waktu menengah. Hanya saja, target pricenya itu loh, yang saya rasa agak keterlaluan. Mosok ANTM yang dulu harganya di atas Rp 5000, nantinya bisa jatuh ke harga RP 629 ? Well, inilah dunia saham. Tidak ada yang pasti. Kita tunggu saja nanti.

~Yesalover, 3 November 2008~


Leave a Reply

