KSEP ITB, A Posse Ad Esse ! (Part I)

November 1, 2008 at 12:22 pm (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Untuk merehatkan pikiran (gara-gara akhir-akhir ini, tulisan saya membuat dahi berkerenyit terus), saya mau sedikit membahas tentang KSEP ITB, sebuah unit kecil (dan mungkin tidak berarti untuk kebanyakan orang), tetapi berarti untuk saya.

KSEP ITB merupakan sebuah unit kemahasiswaan di ITB yang bergerak di bidang ekonomi dan pasar modal. Memang, scope kajian kami sekilas bertentangan dengan ITB (wong namanya Institut Teknologi Bandung, koq belajar ekonomi pulak ?). KSEP ITB merupakan singkatan dari Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal Institut Teknologi Bandung. Unit ini didirikan pada tahun 1997 yang lalu, dan anggotanya terdiri dari mahasiswa S1 seluruh Bandung. Rata-rata, untuk tiap tahun, kami menerima sekitar 300an anggota. Tetapi, ya itu, biasanya yang bertahan ga lebih dari sepertiganya. KSEP ITB sebenarnya berbeda dengan unit-unit kebanyakan yang ada di ITB (mau narsis dikit ceritanya🙂 ). Mengapa ? Pertama, KSEP ITB mempunyai perjanjian kerja sama eksklusif dengan BEI (Bursa Efek Indonesia). KSEP ITB, tercatat sebagai anggota pojok bursa (IDX Corner) di BEI. IDX Corner ini semacam perpanjangan tangan dari BEI sendiri. Idealnya, setiap IDX Corner diwajibkan memiliki sebuah galeri investasi yang harus dilakukan dengan konsep kerjasama 3 in 1, yaitu kerja sama dengan pihak universitas, BEI, dengan sekuritas. Tapi, yang penting dari perjanjian ini, adalah ketersediaan data laporan keuangan emiten-emiten. Jadi, kalau pembaca sedang bingung mencari laporan keuangan emiten, pembaca bisa langsung datang ke sekretariat KSEP ITB di Gedung Kuliah Timur Lantai 2, ITB.

Lalu, apa saja kegiatan di KSEP ini ? Jawabannya buanyak buangettt. Nyaris tiap minggu pasti ada kegiatan, minimalnya sekedar pelatihan internal pasar modal. Nah ini nih yang bikin frustasi.  Saya tiap minggu, hampir dapat dipastikan berada di sekretariat, ngurusin agenda KSEP yang banyaknya bikin mampus. Hal ini disebabkan karena KSEP ITB, tidak sekedar memberikan materi mengenai pasar modal, tetapi juga memberikan materi tentang entrepreneurship, leadership, public speaking, event organizer, dan lainnya. Yang paling menyita waktu adalah event organizer. Jadi, KSEP ini sering mengadakan event-event tentang pasar modal, seperti PLASMA (Pelatihan Pasar Modal untuk SMA–> Ini profitnya bisa 10 jutaan loh), CMEF (Capital Market Education Fair–>Anggarannya bisa ratusan juta–>Ini acara bikin mampus beneran), training untuk calon peserta USP (Ujian Standar Profesi), dan seminar-seminar “kecil” tentang pasar modal ataupun pasar berjangka (misal, seminar KSEP bekerjasama dengan CIC-Futures, dll). Karena kesibukan KSEP inilah, makanya saya jarang nongol di kegiatan-kegiatan kampus lainnya, kecuali kalau ada undangan dari KM, soalnya saya agak ga enak ma Shana. Saya mana bisa nolak kalau dimintain tolong ma  cewek secantik Shana ? Ampun, disuruh terjun ke sumur pun pasti takbela-belain, asalkan si Shana juga ikutan terjun juga. Hehehe…

Berikut ini saya lampirkan agenda-agenda KSEP dari bulan Agustus kemarin.

  • Outbond Pengurus (23 Agustus 2008)
  • Seminar KSEP-CIC (29 Agustus 2008)
  • TFT (Training For Trainer) (Setiap minggu 3 kali, dari Jumat-Minggu, mulai tanggal 5 September 2008 hingga tanggal 5 Oktober 2008)
  • Seminar Entrepreneurship (11 Oktober 2008)
  • Pertemuan perdana Open Recruitment KSEP ITB (18 Oktober 2008)
  • Kunjungan ke BEI dalam rangka PLASMA (24 Oktober 2008)
  • Pertemuan kedua Open Recruitment KSEP ITB (25 Oktober 2008)
  • Pertemuan ketiga Open Recruitment KSEP ITB (26 Oktober 2008)
  • Rangkaian PLASMA–> Pelatihan di SMA BPK Penabur Bandung (27-29 Oktober 2008)
  • Try Out PLASMA (31 Oktober 2008)
  • MTC (Miyabi Training Centre–> Istilah Miyabi ini merujuk kepada anak-anak baru KSEP, kapan-kapan saya jelaskan asal-usulnya lagi (Tiap minggu, mulai dari tanggal 1 November 2008-7 Desember 2008, jadwal per kelompoknya berbeda-beda)
  • Benchmarking ke FMC Unpad (1 November 2008)
  • Simulasi Trading PLASMA (8 November 2008)
  • Simulasi Trading dalam rangka Open Recruitment KSEP ITB (16 November 2008)
  • Seminar Pasar Modal, kerja sama KM dengan KSEP ITB (15 November 2008)
  • Syukuran Wisuda dan Temu Alumni KSEP ITB (22-23 November 2008)
  • Seminar Public Speaking Departemen Public Relation KSEP ITB (29 November 2008)
  • Dll

Agenda-agenda di atas belum termasuk rapat rutin bulanan, pertemuan internal per divisi/departemen, undangan-undangan menjadi pembicara, dll. Buanyak ga ? Makanya, saya mohon maaf jika saya kurang aktif di kegiatan-kegiatan kampus lainnya. Hal ini disebabkan karena memang agenda KSEP sangat banyak, belum lagi beberapa tantangan khusus yang dihadapi KSEP ITB. KSEP ITB ini memiliki berbagai macam tantangan yang tidak saya jumpai pada organisasi-organisasi lainnya. KSEP ini unik. Ok, sekian saja. besok kapan-kapan saya sambung lagi. Masih banyak hal yang akan saya ceritakan mengenai KSEP ITB, terutama mengenai latar belakang saya di KSEP ITB, dan berbagai macam tantangan yang ada di KSEP ini.

Best Regards,

Wijen Pontus

President Director of KSEP ITB

3 Comments

  1. Meiti said,

    Wah,kegiatan ksep bnyk bgt yah. Kalo blh tau,kegiatan ksep untk bulan februari n maret ap yah? Trus cmef kpn? Thanks..

  2. fraust roth said,

    Februari masih CMEF mbak…
    CMEF itu ada banyak rangkaiannya..
    1. Roadshow : 31 Januari di SMAN 3
    2. Fiesto : 7 Januari
    3. Simulation Trading Competition : lupa saya tanggalnya
    4. MAESTRO : 28 Februari-1 Maret

  3. Armeyn said,

    salam kenal!🙂
    Dulu saya wakadep Informasi pas rezimnya Ison.. hihihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: