Resume Pelatihan PAsar Modal

June 9, 2007 at 3:24 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Pelatihan Pasar Modal Oleh Danareksa

Unpar, 7-8 Juni 2007

 

Suatu kesempatan besar bagi saya dapat mengikuti pelatihan pasar modal yang diadakan oleh Danareksa. Pelatihan ini tidak gratis, harus membayar, tetapi karena teman saya mempunyai kekerabatan yang cukup dekat dengan pihak Danareksa, saya dan 4 orang teman lain dari KSEP ITB dapat mengikuti pelatihan ini dengan cuma-cuma. Pelatihan ini diadakan di Universitas Parahyangan, Bandung selama 2 hari, yang tiap harinya terdiri dari 2 sesi. Acara dimulai pada pukul 09.00-16.00 dan pada hari kedua, acara ditutup dengan simulation trading.

Secara garis besar, isi pelatihan ini tidak ada yang baru, semuanya nyaris sudah pernah saya dapatkan pada seminar maupun pelatihan sebelumnya. Hanya saja, memang harus diakui, jika ada beberapa hal yang baru saya dapatkan saat itu. Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan menceritakan bahan-bahan yang diberikan pada pelatihan itu secara mendetail.

 

HARI PERTAMA

Pada sesi pertama, topic yang diperbincangkan adalah seputar mekanisme transaksi efek. Keterangan di bawah ini akan menggambarkan beberapa hal yang penting pada sesi pertama :

  • Pasar modal adalah kegiatan yang mempertemukan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang dan pihak yang membutuhkan sarana investasi terpercaya dan prospektif, sedangkan bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan system dan atau saran untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di anatara mereka (Bab 1, pasal 1, angka 4, UU RI No.8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal ). BEJ (Bursa Efek Jakarta) adalah salah satu contoh dari bursa efek, dan BEJ adalah badan milik swasta. Bursa efek dapat dibentuk oleh sekurang-kurangnya 50 sekuritas dan maksimum 200 sekuritas. BEJ khusus menangani efek saham dan reksa dana (baru dalam wacana), sedangkan BES (Bursa Efek Surabaya) menangani transaksi efek obligasi dan beberapa saham.
  • Ada beberapa prinsip dasar berinvestasi, yaitu :

o Pergunakan dana lebih

o Miliki product knowledge yang memadai

o Diversifikasi (Don’t put your eggs in one basket)

o Disiplin dalam menentukan target investasi baik profit taking ataupun cut loss.

o Kenali perusahaan sekuritas Anda

· To Be Continued….

Powered by ScribeFire.

1 Comment

  1. legian2 said,

    bagi2 dong, ilmunya.
    gue lg belajr inves di saham ni..
    help kirim info lengkap analisis teknikalnya di legiantoahmad@yahoo.co.id

    tks banget,

    legian2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: