Siapa Aku ??

April 17, 2007 at 3:23 am (Filsafat dan Gaya Hidup)

Pertanyaan mengenai diri sendiri merupakan sebuah pertanyaan menggelitik, karena dari situlah filsuf-filsuf besar seperti Plato, Sokrates, Hume, bahkan seorang Nietzche memulai perjalanan filosofisnya. Lalu, siapa aku ? Satu-satunya hal yang paling saya ketahui dari diri saya adalah saya tidak tahu apa-apa. Oleh karena itu, hakikat saya di dunia ini sebenarnya merupakan sebuah perjalanan panjang untuk mempertanyakan, meragukan, dan mengagumi segala sesuatu, Omnibus dubitandum. Berangkat dari ketidaktahuan dan keingintahuan saya, saya mencoba mendeskripsikan bagaimana dan apa saya itu. Kalau boleh saya gambarkan, saya kurang-lebihnya dapat dianalogikan seperti Joker. Anda tahu kartu Joker ? Personifikasi dari kartu itu adalah sosok badut mungil dengan banyak lonceng tergantung pada sekujur tubuhnya. Selain itu, stereotype yang melekat pada tubuh mungil joker adalah sosoknya yang selalu melompat, tersenyum pada kartu-kartu yang lain, dan membunyikan lonceng-lonceng yang ada pada tubuhnya. Joker, oleh Jostein Gaarder dalam “Misteri Soliter” digambarkan sebagai sosok yang selalu mengganggu ketenangan kartu-kartu lain dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai kehidupan ini. Itulah saya (kurang lebihnya). Saya adalah joker, kartu yang berbeda dari kartu lainnya. Saya terkadang mengganggu orang lain dengan mempertanyakan dan berusaha mencari tahu apa itu kehidupan. Saya bukanlah (setidaknya sampai sekarang) seorang yang terjebak dalam Labirin Knossos, tersesat dan hanya dapat kembali jika ia menemukan benang Ariadne. Justru sebaliknya, saya terkadang berupaya mendekonstruksi substansi dogmatis-fundamentalis yang membuatnya nyaman terus-menerus ada di dalam gua Plato tanpa mau tahu dengan dunia luar.

Sekali lagi saya tekankan jika saya adalah makhluk yang tidak tahu apa-apa. Tetapi, upaya joker itu bukan ditujukan untuk menggurui, apalagi berlaku seperti kaum sophis. Joker hanya ingin menggali virtue lebih dalam, karena ia philosopia. Saya pun tidak menyangkal jika suatu ketika Anda mendapati saya terbuai oleh bayangan saya sendiri yang terpantul pada dinding gua Plato. Lucem aspicere vix possum, kata Cicero. Toh, pada suatu saat saya akan kembali tersadarkan untuk tidak terbelenggu di dalam gua. Lalu quo vadis Wijen ? Saya pasti tetap melangkah untuk mencari fragmen-fragmen virtue yang masih terserak di sepanjang hidup ini karena saya pada dasarnya tidak setuju dengan ungkapan “hidup hanya sekedar mampir untuk minum kopi”. Rasa-rasanya ungkapan itu malah hanya akan menjadi sedative pap saja. Sebaliknya, saya bukan hanya sekadar mampir, minum, dan pergi tetapi saya akan melihat sekeliling, bertanya dan terkagum akan setiap proses yang saya lalui, mulai dari langkah pertama saya menuju warung kopi hingga langkah terakhir saya ketika meninggalkan warung kopi. Memang benar hidup ini singkat, vita brevis !, tetapi bukan berarti hanya mampir tanpa memaknai esensi dari minum kopi itu sendiri. Konsekuensi logisnya adalah saya menjalani kehidupan ini bukan hanya untuk lahir sampai post mortem tanpa tergelitik dengan subjek-subjek independen yang lain. Ironisnya, sikap saya itu malah bertendensi menimbulkan sejuta tanya dan pro-kontra dari orang lain. Akhirnya, beragam stigma subjektif melekat pada pada saya. Keingintahuan seorang joker dipersepsikan sebagai sebuah disposisi manusia-termasuk disposisi mental dan religiusitas- yang mencakup banyak aspek kehidupan. Hal ini jugalah yang menyebabkan terjadi diskrepansi dan disparitas antara paradigma saya dengan paradigma orang lain –yang cenderung fanatis-ekstrimis dan sangat dogmatis.

Kesimpulannya, saya adalah substansi material yang independen dari subjek lain di sekitarnya di mana ketidaktahuan adalah satu-satunya yang ia tahu. Kondisi ini menjadikannya Joker yang berbeda dari kartu lain dan dianggap tidak lazim oleh sebagian kartu-kartu itu. Saya harap tulisan saya di atas dapat merepresentasikan siapa dan apa saya. Jika terdapat kesalahan, baik kesalahan linguistik, historis, atau kesalahan persepsi akibat ketidaktahuan saya, saya meminta maaf dan dengan rendah hati mengharapkan kritik yang membangun. Sapere Aude !

~Broken Hearted, 14 April 2007, 03.59 AM~

~Salah satu syarat mengikuti Kaderisasi (WTF !) STEI 2007~

18 Comments

  1. diditjogja said,

    katanya hiatuz?
    lha kok masih meninggalkan jejak langkah dengan mikirin diri sendiri?

    ya udah deh! met hiatuz, semua ada saat dan waktunya….

    *saya udah bangun, sampeyan malah mo tidur!*

  2. bluedee said,

    kalo gw mah jadi kartu AS ajalah. Joker ketinggian, hehehehehehe.

  3. maya said,

    aku adalah aku..yang pasti beda dan unik hihihi *narsismodeon*

  4. nana said,

    siapa aku?
    siapa aja deh.. yang penting nyata.

  5. diditjogja said,

    kelamaan yes hiatusnya!!

    ayo donggg!!!
    bangun hoi…

  6. lophz_jingga said,

    aKu………

    aKu adLh mahKluK yg ditaKdiRkan uTk cantiK,
    luCu & ngangenin seumuR hDp….. (haghaghag)

  7. Ayek Sapoetra said,

    Siapa Aku?
    Aku adalah termasuk mahluk ciptaannya
    Aku adalah bagian dari zat – zat yang maha sempurna
    Karna itu aku tercipta dari-Nya
    Maka tunduklah aku pada yang membentuk-ku
    Karna kapan saja dan dimana saja jika zat yang membentuk dan menyusun tubuhku ingin bersatu kembali dengan zat-zat yang lainnya (Air,Bumi,Angin dan Api)Maka sirnalah aku saat itu juga (Jika Allah menghendaki, maka terjadilah ).Sungguh aku adalah bukan siapa-siapa,aku hanya lahir didunia ini dengan telanjang.Sudah untung kedua-orangtuaku meberikan aku jasad untuk lahir kedunia ini,kalau tidak mana mungkin aku bisa mersakan dunia fana ini.Maka aku hanya sebuah ciptaannya yang harus beribadah kepadanya agar aku bisa kembali pulang kepada-Nya dengan tidak tersesat.

    Aku yang tidak punya apa-apa.

  8. yesalover said,

    @Ayek…
    Siapakah zat yang maha sempurna itu ? Apakah kamu yakin namanya Allah ? Apa bukan Yesus ? Atau Budha ? Atau Shiva ??? Mengapa kamu harus beribadah ? Apakah kamu yakin kalau kamu nanti tidak tersesat jika beribadah ? Bagaimana kamu tahu arah jalan utk kembali kepadaNya ?

  9. ianrambe said,

    dzat yang sempurna itu ya Tuhan (Allah SWT, dalam ISLAM), kok ditanya kenapa Yesus, atau budha atau shiva, tambah aja nama anda sendiri kalo anda punya pengikut seperti murid anda yang anda suruh memanggil anda tuhan, kalo yesus kan mati ketika di paku, ngapai di mesti menebus dosa umatnya katanya, kalo kami tidak ada yang menebus dosa kami, selain kami sendiri yang mohon dimaafkan dosanya pada tuhan kami. anda kan tahu kalo yesus atau siapapun itu sama juga dengan anda sama2 manusia bisa mati juga. bedanya anda dengan dia hanya beda nama, warna kulit dan zaman aja, kalo anda hidup pada jaman itu dan bertindak seperti yesus, maka nama anda yang disebut sekarang, kita pada dasarnya sama dengan mesin, perlu makan,minum, dan ada yang memberi mesin kehidupan (kalo robot namanya mesin, kalo manusia namanya ruh), nah mesin kehidupan itu bagi manusia yang ngasih ya allah, swt (menurut saya), kalo kamu entah mungkin setan yah kamulah yang tau menyebutnya, kalo masalah beribadah sama juga dengan robot, kita ciptakan robot supaya tunduk sama kita, masalah dia tidak tunduk tunduk sama kita kan tinggal kita yang ngatur mau diapain tuh robot ( ada kata maaf gak bagi dia) kalo kita beribadah dan kalo tersesat yah tinggal terserah tuhan kita aja mau diapain kita ni, yang penting dengan beribadah saya nggak nyantet kamu karena dilarang agama saya, ah pertanyaan kamu gampang kali pun, coba cari yang agak paten sikit pertanyaanya, kalo masalah kembali arah kejalannya gampang tinggal kita tengok aja kediri kita, masih ada nggak rasa iri, dengki di hati kita, berdoa dan beribadah aja, dah kan gampang kan, ngapain susah2, ada yang mudah kok cari yang susah, capek kali lae berpikir. kata orang batak, jangan pikirkan hidup ini tapi pikirkanlah penis kita masih bisa hidup atau nggak untuk menjalankan misinya. than lae

  10. yesalover said,

    @ianrambe : manusia ga sama dengan robot…situ aj yang jadi robot…awak ndak mau…
    Saya berharap, lahir di zamannya muhammad, jadi saya tar bisa mengklaim kalau saya nabi terakhir…Ah, Anda ini, ngomongnya panjang tapi ga berbobot…ya udah, saya jawabnya juga asal aj…males diskusi ma otak robot….

  11. bosmen said,

    mas kalau kamu dalam keadaan mata buta dan siap menerima hukuman mati yang tinggal menunggu hari, apa yang ada dipikiranmu saat itu?

  12. yesalover said,

    @bosmen : excited…coz i’ll get a new experience…

  13. rockaschizo said,

    Awal Ugama mengenal diri,
    namun aku tidak mampu untuk mengenal diriku,
    jadi aku belum pun berugama…
    walaupun aku lahir dalam islam, tetapi aku tidak ingin menjadikan ugamaku, ugama keturunan…
    bagiku hanya Tuhan yang mengenal Tuhan…
    Makhluk tidak mampu Untuk mengenalNya..
    jadi aku hanya mampu tersenyum dengan segala yang terjadi…
    bukankah Allah itu Maha Mengetahui, Jadi semua yang dilangit dan di bumi telah disusun dan tertulis dimana Makhluk yang pertama QalamNya mencurahkan ke Al lauh Mahfuz..
    Katakanlah yang Baik itu datang DariNya… dan Yang buruk itu juga dariNYa…
    dahulu Azazil itu pernah menjadi guru… Namun dengan kehendak Allah jua dia dilaknat…
    dengan setiap Asma itu, maka Dia adalah Al-Mudhil… Tetap dengan NamaNya jua…
    setiap Makhluk itu di pegang pada jambulNya… Dia berada pada Jalan yang lurus…
    Janganlah kamu bermohon ke Syurga, kerana kamu tidak akan menjumpaiNya…
    dan Janganlah kamu takutkan neraka menjadi sebab untuk beribadat…
    diam sahaja… ikut apa yang ditetapkan… diam bukan pada mulut.. tapi diam kan jua hati mu dari berkata-kata… wallahu A’lam…

  14. g said,

    wijen..

  15. fraust roth said,

    @i’m moslem and i’m proud of it said

    ha3…masi umur bau jahe aj sudah menjudge orang lain bung!
    Kalau Bung merasa memang lebih baik, ajukanlah tulisan/argumen/esai utk menjawab yesalover…JANGAN JADI PENGECUT BUNG !!! Hadapi tulisan dengan tulisan bung !

  16. Abdullah said,

    aku jga bkan org yg tw akn driku dn smua d skllingku. . .
    smua hnya gmbran benak
    bkan apa yg ada d alm nyta.
    sdngkn nyta atw tdk nyta sndri tk prnh ada. . .
    smua tk smar,nmun,sglnya tk trlhat. .
    tk ada yg thu yg bnr,tk ada yg tw yg slah. .
    Tk ada yg thu siapa aku . .
    i wnt 2 ask ‘u all. .
    ‘WHO WAS ME’ . .’WHO AM I. . ‘

  17. Setiawan said,

    IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  18. INISIAL J said,

    AKU ADALAH ALLAH .

    Sekarang kalian semua sudah tau kan .
    Jadi Jangan pada bedebat lagi ya .
    OK .
    Mass brooooo .🙂

Leave a Reply

