Simulation Trading KSEP ITB

March 27, 2007 at 5:12 am (Agenda)

Hari Minggu ini, 25 Maret 2007, KSEP (Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal) menyelenggarakan Simulation Trading. Sebenarnya acara ini merupakan bagian dari CMEF (Capital Market Education Fair), yang menjadi ajang bergengsi tahunan bagi KSEP. CMEF sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu Expo (yang diisi oleh Talkshow dan Open House Sekuritas) dan Workshop & Simulation Trading. Jadi, Simulation Trading ini merupakan follow up dari acara CMEF lainnya. Basically, Simulation Trading (ST) merupakan suatu ajang simulasi pembelajaran mengenai transaksi di Bursa. Dalam ST, kita benar-benar dikondisikan seperti seorang investor yang akan melakukan transaksi (pembelian saham) di pasar bursa. Sebagai gambarannya, saya akan menjelaskan perjalanan acara tersebut.

Pada awal acara, MC membacakan aturan main yg paling mendasar di bursa. Aturan main ini terbilang sangat sederhana jika dibandingkan kondisi real di lapangan, transaksi akan dilakukan dalam 2 sesi (persis sama dengan di BEJ ^_^). Peserta ST akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompoknya memperoleh “modal” sebesar 30 juta rupiah, secarik kertas utk mencatat perdagangan yang telah dilakukan, beberapa lembar bukti transaksi (bukti ini terdiri dari 3 rangkap, yang pertama nantinya akan diserahkan pada “pialang” sebgai tanda bukti, yang kedua diserahkan pada penjual/pembeli, dan yang terakhir dipegang oleh kelompok itu sendiri sebagai bukti transaksi), dan beberapa lembar kertas utk melakukan order.Di pojok ruangan, telah disediakan tiga papan tabel yang mewakili saham2 perusahaan besar, seperti MEDCO (MEDC), Astra International (ASII), dan Telkom (TLKM). Pada tabel2 itulah, nantinya akan dicata pergerakan saham (berupa tabel), permintaan pasar (para pemain), serta daftar transaksi yang telah deal. Pada dasarnya, ST menggunakan aturan main yang nyaris sama dengan kondisi bursa sebenarnya, yaitu adanya isu2 yang akan mempengaruhi pergerakan saham (isu ini diwakilkan dengan tampilan slide show pada layr utama), maupun broker2 korporat (yg mempunyai “modal” luar biasa besar, sehingga mampu “menggoreng” harga saham utk dikendalikan). Saat awal transaksi dibuka, misalnya harga saham TLKM yang semula dipatok pada kisaran 9700 per lembar saham, dengan segera naik ke angka 9800. Tentu saja, pergerakan yang signifikan ini diakibatkan oleh ulah “penyusup” tadi (saya kebetulan mendapatkan kehormatan menjadi penyusup) dengan cara membeli terus saham TLKM. Setelah angka menembus level 9950, saham TLKM stagnan. Peserta sepertinya masih menunggu sentimen positif utk membeli saham itu, mereka cenderung ingin menjual saham pada kisaran angka yang lebih tinggi (Sekitar 10.100-an). Karena permintaan utk menjual lebih tinggi daripada permintaan pembelian (permintaan pembelian berada pada level 9900-an) ini, harga saham TLKM menjelang sesi kedua berakhir cenderung rally. Hingga menit2 terakhir penutupan, kami (penyusup) memberanikan diri utk membeli saham di kisaran 10.100. Akhirnya, karena aksi beli kami tersebut, saham TLKM mulai terdongkrak naik.

Pada penutpan sesi, TLKM ditutup menguat menjadi 10.250,PT ASII menguat di level 13.100 (pembukaannya pada level 12.100), dan PT MEDCO turun drastis (lupa saya nilainy). Tapi, Kalau dipikir2, suasana ST ini benar-benar nyaris seperti aslinya. Kami dan peserta benar2 merasa tegang, seolah-olah kami memperjuangkan untung-rugi yang sesungguhnya. Saya yang masih awam dalam dunia pasar modal merasa mendapatkan pelajaran berharga dari simulasi ini.Yang pasti, saya bersyukur karena acara ini dapat berjalan lancar dan mendapatkan animo yang tinggi dari peserta. Semoga saja, dengan keikutsertaan saya dalam KSEP dapat memperlancar jalan saya utk mencapai ambisi besar saya, menjadi investor yang asetnya mengalahkan aset keluarga ****. Dan dari awal saya memang sudah bertekad utk membuktikan pada keluarganya, jika keluarga saya yang (sekarang miskin dan dilecehkan oleh banyak orang) dapat memutar fakta dan menjadi lebih dari keluarganya. Saya optimis mampu menjadi orang yang lebih besar dari anggota keluarganya itu….Moga2 sehh..^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: