Pengenalan Reksa Dana Pasar Uang

March 14, 2007 at 4:11 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

 

Anda pasti sudah pernah mendengar mengenai instrumen investasi yang bernama Reksa Dana. Pada dasarnya, reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana terdiri dari berbagai jenis, di antaranya adalah Reksa Dana Pasar Uang. Apakah Reksa Dana Pasar Uang itu ?? Yang pasti, jangan samakan reksa dana jenis ini dengan reksa dana konvensional. Reksa Dana Pasar Uang memang memiliki sedikit perbedaan dengan reksa dana konvensional. Reksa dana jenis ini bukan berarti reksa dana yang menempatkan aset investor pada berbagai macam fundamen mata uang atau berbagai macam bisnis valas. Sebaliknya, reksa dana pasar uang (Money Market Fund) adalah reksa dana yang menempatkan seluruh aset investornya pada instrumen pasar uang. Lalu apa yang disebut sebagai instrumen pasar uang itu ? Instrumen pasar uang adalah efek yang jangka waktunya kurang dari setahun, misalnya sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito, atau obligasi dengan jangka waktu kurang dari satu tahun.

Dengan jangka waktu yang kurang dari satu tahun itu, otomatis Reksa Dana Pasar Uang itu lebih likuid dari Reksa Dana biasa. Jenis ini sangat cocok untuk investor pemula, yang masih lekat dengan berinvestasi di deposito, tetapi ingin menjajal berinvestasi di reksa dana. Oleh karena itu, kupon bunga reksa dana jenis ini bernilai hanya sedikit lebih tinggi dari suku bunga deposito. Walaupun reksa dana ini memiliki bunga yang tidak jauh beda dari deposito, toh tetap saja reksa dana jenis ini memiliki lebih banyak keunggulan. Pertama, adanya kebebasan waktu penarikan. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, reksa dana jenis ini memiliki likuiditas tinggi. Hal ini sangat berbeda dengan deposito, investor hanya dapat mencairkan dananya jika memang sudah jatuh tempo. Jika investor deposito ingin menarik uangnya sebelum jatuh tempo, investor itu akan dikenai penalti yang nilainy beragam, besarnya bisa mencapai lebih dari 10% bunga. Kedua, investor dapat menentukan jumlah uang yang ingin dicairkan. Sementara itu, di deposito, investor tidak dapat menentukan sendiri jumlah uang yang akan ia cairkan. Mau tidak mau, investor harus rela menarik seluruh uangnya di deposito plus seluruh imbal hasilnya. Keunggulan reksa dana pasar uang lainnya adalah keuntungannya yang lebih tinggi dari deposito. Hal in disebabkan karena reksa dana jenis ini biasanya menempatkan sebagian dananya pada obligasi berjangka waktu pendek. Nah, obligasi seperti ini, selain memiliki bunga yang lebih tinggi dari deposito, juga masih bebas dari pajak. Selain masalah pajak, Reksa Dana ini juga masih memiliki capital gain dari pasar sekunder, meskipun tidak begitu signifikan.

Setelah saya uraikan beberapa keunggulan dari reksa dana pasar uang, tidak ada salahnya jika Anda yang baru mulai beralih profesi –dari investor deposito ke investor reksa dana- mencoba reksa dana jenis ini. Tetapi saya sarankan, jika memang Anda telah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai dunia pasar modal, investasikan dana Anda pada instrumen-instrumen yang memiliki capital gain yang lebih tinggi meskipun risikonya juga pasti akan lebih tinggi (ingat, High Profit, High Risk). Yang pasti, hindari investasi seragam, utamakan diversifikasi dana Anda ke dalam beberapa instrumen yang berbeda.

 

~Broken Hearted, 13 Maret 2007, 19:20~

8 Comments

  1. prita sulistiani said,

    terimakasih atas penjelasannya yang detil. tadinya saya buta reksa dana sekarang sudah “melek” reksa dana.

  2. Ronald JT said,

    Bisa tolong diinformasikan referensi manajer investasi reksa dana terbaik dan terpercaya di Indonesia apa aja ya? trims.

  3. yesalover said,

    tergantungm bapak mau reksa dana jenis ap ?basis obligasi, saham, atau campuran ?
    tp secara umum, schroeder masih paling baik

  4. Andi said,

    Saya ingin ikutan reksadana pendapatan tetap atau pasar uang, krn itu yg katanya terbaik utk karyawan spt saya. Mohon saran dan tipsnya dlm memilih sekuritas yg terbaik utk ke-2 produk tsb. Kini di kota saya hanya ada 2 sekuritas yg saya ketahui, yaitu Sentra Investasi Danareksa dan Manulife Sekuritas.

  5. hdee said,

    wah,reksadana,,minat banget niy,,btw,produk reksadana apa dan darimana siy yg minimum pembelian awalnya kurang dr 1jt?sy mahasiswa dan yaaa bisa dibilang uang per bulannya cukup sedikit,,jadi pengen nyari yg biasa dulu aja,,mohon informasinya,,

  6. Forum Reksadana said,

    Artikel yang sangat menarik.

    Oh ya, saya juga mohon ijin untuk numpang memperkenalkan forum baru yang didedikasikan khusus membahas tentang reksadana di http://forumreksadana.com

    Semoga informasi ini dapat membantu perkembangan reksadana di tanah air.

    Terima kasih.

  7. andien said,

    mmm..lumayan nambah info sii..kl boleh tau caranya investasi gmn sii??pengetahuan aku di bid.ini masih blh dibilang blank. jd mau tau gmn caranya mulai invest?gmn cara hub.manager investasinya?atau prosesnya gmn si biar ga smp diboongin?minimal invest di pasar uang berapa??
    makasi banyak yah infonya..

  8. sigit said,

    tlg dech saya diberi penjelasan untuk investasi di pasar uang, dapatnya kompensasi bunga itu berapa, cara mengitungnya bgmn?
    tx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: