Tahun Surat Utang II

March 12, 2007 at 5:32 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Pada artikel ini penulis akan membeberkan lagi beberapa indikator positif terhadap obligasi. Walaupun pada awal tahun ini, ada banyak emiten yg akan mengeluarkan obligasi, tetapi tetap saja investasi pada instrumen ini masih sangat menjanjikan. Mengapa ?? Berikut ini ada beberapa faktor yang mendukung pergerakan positif obligasi di tahun 2007 ini.

a. Tingkat suku bunga pada tahun 2007 ini diprediksi akan cenderung menurun. (saat ini suku bunga sekitr 8, 7%, dan akan terus turun sampai mendekati level 7,5 %)
b. Ada kebijkan pemerintah utk membatasi nilai deposito dan tabungan sejmlah 100 juta rupiah. Dengan adanya kebijkan ini, otomatis masyarkat akan mengalihkan kapital mereka pada instrumen lain, antara lain obligasi.

c. Uang yang beredar dan belum dimanfaatkan masih banyak, sekitr 350 triliun. Hal ini akan menjadi potensi besar utk menyerap obligasi yang banyak dilepas para emiten.

d. obligasi masih menjanjikan untung yg lebih besar dari dari deposito dan tabungan. (kalo diitung2, hasil yg diperoleh dari obligasi ORI 2 -yg telah dilepas di pasar awal maret hingga akhir maret- dengan bunga kupon sekitr 9, 28% -agak lupa jg-, berkisar pada angka 20% pertahun).

e. Walaupun banyak yg mengeluarkan obligasi, kondisi perbankan cenderung mengalami penurunan (utk tahun ini).

f. Banyak emiten yg telah mendapat peringkat “A” dari perifindo (antara lain, excelcomindo, Bank Danamon,HM Sampoerna,  dll)

Sekian analisis basis dari saya, ini pun hanya didasarkan pada kondisi makro saja, sedangkan yg mikro akan segera menyusul. Analisis ini berdasrkan pada pandangan umum dan prediksi para pelaku pasar, broker, dan perusahaan sekuritas.

~Broken Hearted~

1 Comment

  1. manler said,

    wah ulasan ttg finance-nya boleh juga, kmu kerja di dunia capital market ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: