Tahun Surat Utang

March 8, 2007 at 7:55 am (Pasar Modal, Ekonomi, dan Bisnis)

Tahun 2007 ini sepertinya akan menjadi tahun emas bagi para pemain obligasi. Bagaimana tidak? Tahun 2007 ini diperkirakan akan diterbitkan emisi obligasi korporasi senilai 10-15 triliun rupiah. Angka ini setidaknya jauh lebih besar dari tahun 2006 yang lalu. Seperti yang telah diketahui banyak pihak, setidaknya pada awal tahun ini (peride Januari-Februari) telah ada beberapa perusahaan besar yang mengeluarkan obligasi bernilai besar. Antara lain, PT. Mobile-8 Telecom Tbk, yang 6 Februari 2007 lalu telah menerbitkan penawaran obligasi dengan nilai jumlah pokok 550 miliar pada IPO (Initial Public Offering). Hebatnya lagi, pada tgl 21 Februari lalu, perusahaan ini mengklaim telah mampu melewati target penjualan obligasinya dan mencapai nilai Rp. 675 miliar dengan tingkat suku bunga 12, 37 %. Selain Mobile-8, PT.Tunas Financindo Sarana juga mengalami kelebihan permintaan obligasi. Awalny, Perusahaan yang bergerak di bidang multifinance itu, hanya melempar sekitar Rp 500 miliar surat utang dengan tingkat bunga 10-11% pada akhir Januari, toh pada kenyataannya, permintaan itu menembus angka Rp 600 miliar.

Melihat tren yang seperti itu, tidak mustahil para emiten obligasi lain akan mengikuti langkah serupa. Tentu saja, iklim obligasi sangat berpengaruh pada prospek bisnis dan fundamental issuer, apalagi jika para emiten berkomitmen utk membayar pokok dan kupon tepat waktu (tentunya dengan bunga tinggi ^_^). Menurut riset yang dilakukan SWA, masih ada beberapa emiten korporasi yang akan menerbitkan obligasinya. Dari daftar itu terdapat beberapa perusahaan besar yang akan iut ambil bagian, yaitu PT Excelcomindo Pratama (sekitar 1, 5 triliun), PT Bank Mega (sekitar 1 triliun), PT Bank Niaga (1, 5 triliun), dan PT Indofood Sukses Makmur (1-2 triliun). Para korporat yakin jika nilai sebesar itu akan cepat diserap pasar karena iklim perekonomian 2007 diprediksi akan membaik. Indikasinya dapat dilihat adanya pergerakan suku bunga yang rendah, single digit sehingga obligasi akan menjadi pertimbangan sendiri. Lagipula, bunga ini diperkirakan akan lebih tinggi dari BI rate (suku bunga BI). Jika BI Rate saat ini hanya berada di kisaran 9, 25 %, otomatis yield yang ditawarkan para emiten akan jauh lebih menarik karena bisa mencapai 16, 8% per tahun. Selain itu, capital gains yang akan didapat dari pasar sekunder, tetap akan memberikan pertimbangan sendiri bagi para pemilik modal utk membelanjakan uangnya di obligasi. Potensi Gain/Loss yang akan diperoleh kurang lebih sekitar 1-2%per transaksi, tp tergantung kurva penawaran dan permintaannya.

Meskipun prospek obligasi cenderung cerah, tp patut diwaspadai juga munculnya resiko2 yang ada. Pada dasarnya, obligasi sangat dipengaruhi suku bunga, karena harga obligasi berbanding terbalik dengan suku bunga yang ditetapkan. Selain suku bunga, perlu juga diwaspadai kemungkinan gagal bayar (seperti yang terjadi pada krismon 1997-1998). Tp itu hanya terjadi jika suku bunga tiba2 melejit tinggi, atau jika ada kebijkan callable dari para emiten. Setelah mengetahui potensi laba dan resikonya, para investor yang berminat utk membeli obligasi hendakny juga menetapkan tujuan dan waktu investasi yang akan dilakukan, apakah jangka panjang (3-5 tahun) atau jangka pendek, berdasarkan analisis masing2. So, setelah mengetahui tren ini,apakah Anda masih tidak tertarik utk bermain di bursa obligasi ??walaupun untung yang dihasilkan tidak lebih besar dari bermain saham, toh setidaknya, bermain obligasi dapat dijadikan opsi lain utk berinvestasi dan memperoleh penghasilan lebih.

~Broken Hearted, 8 Maret 2007, 14:54~

~Sumber dari berbagai majalah ekonomi~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: