Tulang-Belulang Yesus Ditemukan ?

March 13, 2007 at 5:38 am (Berita Kontroversial)

Kabarnya, kuburan Yesus dan sembilan anggota keluarganya yang lain telah lama ditemukan oleh para pembuat film di Talpiot, Yerusalem. Penemuan ini disiarkan sekitar 2 minggu yang lalu di saluran Internasional, Discovery Channel. Film dokumenter yang dibuat oleh Simcha Jacobovici dan sutradara asal Hollywood, James Cameron ini mengklaim penemuan tulang-belulang dalam peti mati (osarius) yang mereka temukan 27 tahun lalu di Talpiot, Yerusalem, adalah asli milik Yesus Kristus dan sembilan anggota keluarganya.

Kuburan itu mereka temukan secara tidak sengaja di selatan kota Yerusalem saat mereka hendak membongkar sebuah apartemen. Menurut mereka, penemuan peti mati yang di bagian luarnya tertulis nama “Yesus Anak Yusuf” ini diawali dengan penemuan sebuah gua di bawah apartemen itu. Setelah diselidiki, dapat dipastikan jika peti mati itu berasal dari 2000 tahun silam. Peti mati Yesus itu ditemukan bersama 9 peti mati lainnya yang terletak berdampingan di dalam gua tadi. Pada dua peti mati lainnya, tertulis nama Maria, yang diduga merupakan peti mati Maria Magdalena dan Maria Ibu Yesus.

Dalam konferensi pers di New York, Amerika Serikat, Senin 2 minggu yang lalu, dua pembuat film itu menyitir prasasti dari 6 peti mati itu sebgai Yesus, Josa (Yusuf, saudara Yesus), Judah (kemungkinan anak Yesus), Maria Magdalena, Bunda Maria, dan Matius.Dalam konferensi pers itu juga disertakan bukti arkeologis, data urai DNA dan golongan darah untuk memastikan orisinalitas tulang-belulang itu.

Dapat dipastikan, dengan adanya berita ini akan muncul beragam kontroversi yang akan semakin mempertanyakan keilahian Yesus Kristus. Seperti yang telah diketahui, Yesus dikubur pada hari Sabtu. Menurut adat Yahudi zaman dahulu, hari Sabtu merupakan hari Sabat, saat setiap orang “berhenti” dari pekerjaannya. Selain itu, budaya Yahudi saat itu tidak lazim mempergunakan peti mati utk menguburkan seseorang. Biasanya, jenazah akan digeletakkan di dalam sebuah gua, dan dibiarkan hingga menjadi tulang-belulang. Barulah setelah itu, tulang-belulang itu dipindahkan ke dalam peti mati batu yang disebut sebgai ossiari. JenasahYesus diduga dikuburkan dalam makam takbernama karena keberadaannya di Yerusalem sangat tidak diharapkan. Hal ini mengakibatkan jenasah Yesus akan sulit berada di Yerusalem secara terbuka dalam beberapa hari.

Apapun kebenarannya, toh tetap saja berita ini sangat menggemparkan. Akankah berita ini akan menggugurkan fundamen keimanan Nasrani seperti yang telah dicoba oleh film kontroversial The Da Vinci Code?? Sampai sekarang, para arkeolog, teolog, dan ahli DNA sedang mengkaji kembali dan memastikan kebenaran berita ini.

~Broken Hearted, 13 Maret 2007, 12:37~
~Dikutip dari Tempo dan berbagai situs internet~

About these ads

141 Comments

  1. martin said,

    Jujur saya tidak setuju itu dikatakan sebagai tulang belulang milik Yesus meskipun sudah didukung oleh teknologi canggih karena saya percaya bahwa Yesus tidak pernah meninggalkan tulangnya.Yesus itu mati dibalut oleh kain kafan dan pada hari yang ke-3 Dia bangkit dengan utuh.Itu menunjukkan bahwa kekuasaan Yesus.Menurut saya ini merupakan sebuah ujian bagi umat yang percaya kepada Dia,apakah dibalik setiap ujian ini umatNya dapat memegang teguh iman percayaNya.Sekali lagi saya tidak setuju akan berita ini.Dan saya meyakini bahwa setiap detil isi Alkitab benar adanya tanpa ada rekayasa oleh pihak manapun.

  2. yesalover said,

    Yah, ini kan namany berita kontroversial to….ini juga belum terbukti benar, en begitu juga dengan keyakinan Nasrani..Anyway, jika memang berita ini benar adanya, maka doktrin Kristianitas akan lebur dalam sekejab, dan akan semakin mengukuhkan kebenaran doktrin Islam-yg mengatakan jika Yesus bukan Tuhan, dan tidak pernah bangkit dari kubur serta naik ke Surga-.

  3. hehe said,

    berarti al quran terbukti menipu juga dong? kan katanya Isa diangkat ke surga, bahkan tanpa penyaliban dan akan datang lagi di akhir zaman utk jadi Hakim?

  4. Hamba Allah said,

    Belum lagi pun Dokumentari “The Lost Tomb of Jesus” (Makam Yesus Yang Hilang) disiarkan, sudah ramai orang Kristen yang cemas. Cuma kerana ada yang mencadangkan bahawa rangka tulang Yesus telah dijumpai dalam kotak batu kapur, ramai penganut naik darah dengan gaya “jangan-kelirukan-saya-dengan-kenyataan”.

    Nampaknya, ramai penganut Kristen tidak perlu tengok bukti sebelum membuat keputusan. Apabila satu banci di laman web bertanya, “Percayakah anda dokumentari “Makam Yesus”, yang menolak kebangkitan Kristus?”, 97% menjawab: “Tidak”. Penilaian ini dibuat tiga hari sebelum rancangan itu disiarkan. Kepercayaan membuta tuli lebih senang, bukan? Sebenarnya, langsung tidak payah berhadapan dengan para pengkritik.

    Lepas itu, ada pula para pembuli yang menuntut Discovery supaya membatalkan rancangan fitnah ini. Sebuah organisasi Kristen menulis surat yang begini:

    “Saya berasa marah dengan cubaan Discovery Channel memperkecilkan dan merendahkan maruah agama Kristen dengan tuduhan bahawa ia berdasarkan dusta semata-mata. Sukar saya percaya bahawa Discover Channel berani membuat dokumentari begini tentang agama lain. Hakikatnya anda mungkin telah menolong kita menyedarkan berjuta-juta orang Kristen akan ketaksuban anda yang serong terhadap agama Kristen. Mungkin mereka tidak akan berdiam diri lagi.”

    Tindakan mengerasi orang lain sangat memalukan saya, sebagai pengikut Kristus, dan ia harus membimbangkan setiap penganut Kristen yang bertimbang rasa. Bukan sahaja ia berundur dari menyahut cabaran, tingkah laku begini bersifat tertutup.

    Lihatlah, walaupun anda sudah yakin kepada Alkitab, isu ini masih belum selesai bagi berjuta-juta orang lain yang berminat dengan kepercayaan anda dan masih menunggu jawapan yang berakal budi dari kita.

    Ada banyak sebab munasabah untuk kita pertikaikan kesimpulan dokumentari tersebut, tapi tiada yang akan tahu jika orang Kristen sendiri menyembunyi di sebalik tembok kubu. Setelah menonton dokumentari itu, beberapa masalah muncul di minda:

    Para sarjana sudah menemui makam-makam ini lebih dari 25 tahun yang lampau. Ada sebab mereka tidak memandang serius nama-nama tertulis di atas kotak rangka ini. Hanya tiga nama mempunyai kaitan dengan Alkitab: Yesus, Mary dan Joseph. Dan kumpulan nama ini, dari sudut statistik , bukan luar biasa. Pada hakikat, anehnya jika makam sesebuah keluarga tidak mengandungi nama-nama tersebut, memandangkan kegunaan mereka amat umum. Sekurang-kurangnya empat kotak rangka pernah dijumpai yang tertulis “Yesus, anak Joseph”, dan satu perempat wanita masa itu bernama Mary, jadi ada kemungkinan besar sesebuah makam ada kombinasi nama begini. Bagaimana pula tentang hubungan Yesus dengan nama-nama lain? Di sini, spekulasi yang liar tentang hubungan Yesus hanyalah suatu mainan agak-mengagak.

    Keseluruhan hujah berdasarkan makna kebarangkalian ‘statistik’ kelompok nama-nama itu. Jika Yesus telah berkahwin, dan jika Yesus bernikah dengan wanita bernama Mariamne, dan jika Mariamne itu nama samaran bagi Mary Magdalena, dan jika Yesus ada adik bernama Matthew, dan jika Yesus juga ada anak bernama Judas, dan jika rangka tulang James yang terkenal itu milik James, adik lelaki Yesus, maka anda dapati semua ahli keluarga Yesus di dalam makam yang sama. Akan tetapi, sudah banyak sangat andaian “jika” yang perlu dibuat tanpa sokongan bukti di sini.

    Walaupun ia digelar “Makam Keluarga Yesus”, langsung tiada bukti kukuh bahawa mana-mana kononnya “ahli keluarga” tersebut mempunyai hubungan biologi. Satu-satunya ujian DNA yang dibuat – antara Yesus dan Miriamne – memberi kesimpulan negatif. Izinkan saya ulang lagi: Ujian DNA membuktikan tiada hubungan biologi. Itulah fakta. Yang selebihnya andaian spekulasi.

    Dokumentari mendakwa, “Yesus dan Mary telah bernikah, mengikut cadangan bukti DNA”. Tidak masuk akal. Fikirkanlah. Mungkinkah ujian DNA membuktikan seseorang itu sudah kahwin? Dalam kes ini, bukti DNA menunjukkan bahawa Yesus dan Mary tiada hubungan biologi dari ibu yang sama, bukannya bukti hubungan suami isteri. Pada hakikatnya, Mariamne mungkin isteri mana-mana orang lelaki lain di dalam makam itu, atau pun, beliau mungkin langsung tidak mempunyai suami juga. Ujian DNA tidak “mencadangkan” apa-apa yang didakwa.

    Para penyelidik mendakwa mereka hanya cuba mengaitkan bintik-bintik bukti yang bertaburan. Baik. Tapi, kenapa harus mereka mengaitkan bintik dengan cara ini? Izinkan saya menjelaskan sebabnya. Kerana cara itu sahaga dapat menceritakan kisah sensasi yang mereka inginkan. Ada banyak cara sah yang lain untuk menyambung bintik-bintik itu – teori yang jauh lebih munasabah daripada teori dokumentari tersebut. Tetapi ia tidak memberi cerita sensasi yang mereka iklankan. Sememangnya, bukankah cara ini sahaja yang mampu mencetus berita hangat yang melariskan jualan buku?

    Yesus berasal dari keluarga miskin di Nazareth, bukannya dari golongan kaya atau kelas pertengahan di Jerusalem. Jadi, makam keluarga ini jenis makam yang salah, serta beralamat di dalam kota yang salah.

    Dokumentari juga mendakwa Yesus bertutur secara kod. Dakwaan ini palsu. Yesus mengajar dengan cerita ibarat, seperti ramai pendita pada zaman itu, bukannya kod yang sukar ditafsirkan. Mereka juga kata Maria Magdalena adalah pengikut Yesus yang paling dipercayai. Akan tetapi, anda perlu tunggu 400 tahun sebelum bukti begini muncul dalam tulisan Gnostik yang kononnya rekod sejarah. Mereka juga mendakwa ahli keluarga Yesus dihukum bunuh kerana Beliau adalah waris takhta Israel. Ini fiksi semata-mata. Namun, perhatikan apa yang cuba mereka kecapi. Semua ketidaktepatan dan cubaan membesar-besarkan cerita dongeng ini menjadikan sesuatu yang sebenarnya karut berbunyi seakan-akan lebih munasabah.

    Kita memiliki dua gambaran yang berbeza tentang apa yang telah terjadi kepada tubuh Yesus dari Nazareth 2000 tahun yang lalu. Yang pertama berdasarkan artifak kotak rangka tulang, dan gambaran kedua berdasarkan dokumen sejarah dari Matius, Markus, Lukas, Petrus dan Paulus. Ya, ia bukannya “sains jitu” tapi sekiranya yang lain-lain tidak berubah, gambaran yang mana satu membekalkan maklumat yang lebih tepat, kotak rangka tulang atau rekod tulisan? Jelasnya, rekod tulisan.

    Kebangkitan Yesus dari maut adalah sebahagian dari kesaksian terawal pengikut-pengikutnya. Menurut dokumentari, saksi-saksi yang sama ini tahu tempat Yesus dikebumikan secara rahsia di Jerusalem. Kenapa ramai antara mereka mati demi melindungi dusta yang mereka sudah ketahui? Tidak masuk akal. Tapi teori sebegini yang mesti anda percaya jika mengambil serius kesimpulannya.

    Jika kepercayaan Kristen bergantung kepada fakta sejarah kebangkitan Yesus, sepertimana diajar Paulus, maka pengikut Kristus tidak harus berundur atau bersembunyi di sebalik kepercayaan yang membuta-tuli sambil bermuka marah.

    Tidak, jika anda seorang Kristen, tidak harus anda lari, sungut, jerit atau membuat perangai. Tapi, anda harus berterima kasih kepada Discovery Channel kerana memberi anda peluang untuk masuk padang and menjaringkan gol kemenangan yang mudah ini.

  5. judas said,

    logikanya aja deh……… emangnya 2000th silam gak ada yang pake nama maria,judah,yosa,mattius ataupun yesus yah selain mereka…bisa aja cuma nama yang sama…..lagian apa mungkin tulang manusia sampe 2000th tetep awet……. kl menurut sejarah fosil2 jaman dulu kan merupakan tulang manusia jaman purba macam javanicus kan….

  6. stepi said,

    Firman Tuhan adalah kebenaran..Firman Tuhan merupakan alat dimana Tuhan berkomunikasi kepada umat manusia ttg kebenaran..kita harus percaya akan Dia jika kita umat yang beriman

  7. hamdani said,

    Semua orang yang percaya pada TUHAN yakin bahwa TUHAN itu MAHA KUASA. Artinya TUHAN dapat berbuat/menciptakan apa saja dan menjadi apa saja termasuk jika DIA berkehendak MENJADI MANUSIA yang kemudian MATI lalu BANGKIT dan NAIK KESURGA. Namun sangat begitu banyak orang yang TIDAK PERCAYA KUASA TUHAN YANG BISA MENJADI MANUSIA, MATI, BANGKIT DAN NAIK KESURGA. Bagi mereka ITU ADALAH SESUATU YANG SANGAT TIDAK MASUK AKAL. Sangat disayangkan bahwa sebenarnya mereka itu tidak menyadari bahwa YANG TIDAK MASUK AKAL ITU ADALAH JIKA KUASA TUHAN ITU MASUK AKAL. Oleh karena itu TIDAKLAH ANEH jika ada berita ditemukannya tulang belulang Yesus dan berita-berita tentang Yesus lainnya karena memang sifat manusia yang ingin segala sesuatu itu masuk akal dan mereka melakukannya semua itu dengan logika dan kepintaran mereka.

  8. Peron said,

    Pengikut Kristus sudah tebiasa dengan rekayasa – rekayasa dari orang – orang yang tidak menyaukaiNya satu hal yang harus diingat bahwa Iman kekristenan tidak akan pernah luntur atau hancur oleh rekayasa apa pun karena Iman orang kirsten adalah Iman yang punya bukti – bukti ku

    Bagi saudara Yesalover anda tidak perlu memancing di air keru, sebab penemuan itu juga mempertanyakan kebenaran Alquran yang katanya datang dari Allah langsung dimana Islam mengaku bhwa Isa sebagai Nabi dan telah diangkat oleh Allah kesurga secara utuh.

    Yesus Tetap Tuhan dan Allah bagi saya dan seluruh umat manusia yang percaya kepadaNya.

  9. elga oktavia said,

    aku rasa, ahal seperti ini adalah hal yang biasa meuncul. Sama halnya dengan keberadaan tokoh-tokoh dunia yang namanya besar, pasti akan diikuti dengan kontroversial. Yesus sendiri adalah seorang tokoh besar yang selama ini boleh jadi hampir tidak ada yang mampu menembus kekudusanNya dengan pemberitaan yang miring. Bila akhirnya muncul sanggahan2 yang sifatnya sangat ilmiah, ini tikak aneh, karena banyak orang yang berusaha merusak/memiringkan keimanaan Kristen, namun selalu gagal apabila melalui jalan religiositas.
    Teman-teman Kristiani, kalau boleh saya berpesan, jangan hanya karena hal sikecil ini iman kita goyah dan akhirnya kita menjadi Tomas- Tomas masa kini yang berkeliaran…….Toh, semakin banyak kontroversial mengenai Yesus, semakin menunjukkan kredibilitas Yesus yang bukan hanya tokoh agama tetapi juga tokoh sejarah yang tinggi. kan, semakin tinggi pohon semakin besar angin yang menggoyahkannya……….BErtekunlah pada imanmu, teman……Iman bukan hal untuk dipetanyakan/dipertentangkan, iman adalah hal yang harus kau pegang………..

    o,iya….. sekedar testi……..nama Yesus, yusuf, maria di Yerusalem tuh banyak banget say….. contoh kecil, pada waktu yesus hendak disalibkan, ada yang punya nama sama kan…?tapi nama belakang beda………………………………….hehehe……

    Jesus bless us…….

  10. Hamba Tuhan said,

    yesus memang bukan Tuhan, dia adalah manusia yang diberi tugas untuk menyampaikan wahyu Tuhan, yesus adalah hamba Tuhan sama seperti manusia lainnya hanya yesus diberi kelebihan oleh Tuhan..Manusia adalah manusia bukan Tuhan,,jadi kenapa manusia menyembah sesama manusia padahal manusia adalah ciptaan Tuhan,,jadi sembahlah Tuhan karena Tuhanlah yang kan menolong kita bukan manusia,,Wahai manusia ingatlah bahwa yesus itu adalah manusia biasa sama seperti kita..

  11. Abdi Tuhan said,

    Saya rasa tulang itu bukan tulangnya Yesus.Karena kita semua yakin bahwa Yesus itu telah naik ke suatu tempat di atas sana.Dan Dia tidak pernah mati karena(sesuai dengan konteks kitab suci) Dia langsung naik kelangit dan TIDAK PERNAH MATI hingga saat ini.Karena Dia akan Bangkit suatu hari nanti.Demi Tuhan tulang itu bukanlah tulang Isa Al Masih.Dan mungkin itu adalah tulang dari salah satu murid-Nya yang telah berkhianat.

  12. Tetap Cinta Yesus said,

    Ya uda biarin aja orang mo bilang Yesus bukan Tuhan , ga bangkit ato apa kek, yang penting kita percaya dengan iman bahwa YESUS adalah TUHAN, bangkit dan naik ke surga mempersiapkan tempat buat kita ^0^ yang percaya padaNya.
    Bagi mereka yang islam, nothing’s wrong kalo mereka punya kepercayaan sendiri. Ga perlu saling tuduh,biar hidup kita di dunia damai, kurangin dosa tul ga?

    Ga perlu macem2 yang penting skrg kita hidup bener, minta ampun atas dosa2 kita and bertobat.. Karena dunia uda makin jauh dari Tuhan. Moral juga uda hancur, bapak perkosa anak,karena cemburu tetangga dibacok,aborsi krn hamil luar nikah. Kan Tuhan pasti sedih, napa kita ciptaan Dia yang paling sempurna dan Dia kasihi jadi seperti ini.
    Dan banyak juga dari kita yang ingat TUHAN pada waktu kita menderita saja. Ke gereja hanya untuk mohon ini itu. Bukan karena benar2 rindu pada akan Tuhan.

    So mereka2 yang mau ngributin tulang..let them, mending kita urusin diri kita sendiri yang banyak dosa, cepet bertobat..
    Errr..gw ga tau dan ga brani nebak2 kiamat itu gimana n kapan dtgnya ,tapi kalo liat contoh2 di Indo, iklim uda ga bener hujan kemarau waktunya uda ga tentu, trus lumpur panas, kecelakaan udara (adam air hilang,garuda tergelincir), levina (dua kali malah), gempa, tsunami. Sepertinya,nyawa manusia sama sekali ga berharga,bisa hilang sewaktu waktu, tul ga?
    Jadi siapkan dirimu!! ^0^ Berdoa kapan aja bangun tidur, lagi bengong, lagi di mobil, mau tidur,mengucap syukur dan mohon pengampunan bagi kita, bagi keluarga, teman2, Indonesia and smua umat manusia..

    **Christ has died, He is risen and He will come again to judge the living and the dead** God Bless!!

  13. andi said,

    klo kita percaya akan kemaha kuasaan Tuhan maka kita juga pasti percaya akan segala sesuatu yang mungkin dia bisa lakukan, tak terkecuali menjadi manusia. Konsep Tuhan menjadi manusia memang sangat sulit untuk dimengerti oleh banyak orang, karena dalam konsep ini Tuhan digambarkan dalam kesengsaraan dan penderitaan. tapi tidakkah kamu tau bahwa dengan begitu berarti Tuhan telah menunjukan bahwa Dia peduli!!!!! (aku muslim)

  14. yesalover said,

    wah, banyak yang mengira jika saya tidak percaya akan Yesus ya? Hm, artikel ini ditulis bukan ditujukan utk menjadi sanggahan akan keimanan, justru saya ingin menunjukkan ada pandangan lain mengenai Yesus…Jadi, bukan berarti saya tidak setuju dan percaya akan kemahakuasaan Tuhan….

  15. jsj said,

    JESUS ADLH SEORG ANAK MANUSIA YANG DI UTUS OLEH ALLAH UTK MENYELAMATKAN MANUSIA2 DARI DOSA (SANG MESIAS) & MEMBERITAKAN TNTANG KERAJAAN SORGA.SAMA HALNYA DGN ABRAHAM,MUSA,& MUHAMMAD.DAN ANDAPUN BISA MNJADI SANG MESIAS,JIKA ANDA JG MELAKSANAKAN YANG MEREKA KERJAKAN.SEBAB PD HAKIKATNYA, ALLAH MENGUTUS RASULNYA HANYA UTK DIIKUTI DAN DICONTOH. YESUS HNYA SEORANG UTUSAN ALLAH. KARENA ALLAH AKAN MNYAMPAIKAN PEKABARAN2 KPD MANUSIA MELALUI MULUT NYA. ALLAH AKAN BERBICARA DGN MANUSIA HANYA MELALUI 3 HAL.YAITU:MELALUI SEORANG UTUSAN(RASUL),WAHYU & MELALUI TABIR. DIKATAKAN ANAK ALLAH, DIKARENAKAN DIA ADALAH ORANG YANG SANGAT DISAYANGI DAN DIPERCAYA OLEH ALLAH DIDLM MNYAMPAIKAN WAHYU2-NYA.DAN YANG NAMANYA MANUSIA,PASTI AKAN MATI. ITU SUDAH KETENTUAN DARI ALLAH.TP SELAMA MASIH ADA MANUSIA2 YANG BERBUAT DOSA (MAMBUAT ALLAH MURKA),NISCAYA ALLAH AKAN MENGUTUS KMBALI SANG MESIAS. ITU PASTI SAUDARA!!!

  16. bram said,

    percaya Yesus ajha udah bisa masuk sorga kok.
    tapi jangan asal percaya dukzzz
    ok
    J
    E
    S
    U
    S

    W
    I
    L
    L

    C
    O
    M
    E

    F
    O
    R

    T
    H
    E

    E
    A
    R
    T
    H

  17. dwicko said,

    yesus adalah tuhan titik dan kepada hamba tuhan yang ngirim tanggal 18 april jangan sok tahu deh kalau yesus manusia biasa emank situ pernah bareng dengan Tuhan Yesus

  18. ahli surga said,

    buat kaum penyembah yesus kita tunggu aja kebenarannya setelah kiamat!apakah yesusmu akan menolong kalian???????ato sembunyi ato malah tidak keliatan batang hidunge kata laene is boooooouuuuuuulllllllshhhhiiiiiiiiiieeeeeeethhhhhhh!!!!!!!!!

  19. ahli surga said,

    buat gerombolan pemuja yesus!!kita tunggu kebenarannya setelah kiamat.apa yesusmu akan menolongmu ato sembunyi ato tidak kelihatan batang idunge,kata laene is booooooouuuuuuulllllllsssshhhhiiiieeeeetttttttt………..!!!!!!!!!

  20. ahli surga said,

    buat geromolan penyembah yesus kita tunggu aja kebenarannya setelah kiamat!apakah yesusmu akan menolong kalian???????ato sembunyi ato malah tidak keliatan batang hidunge kata laene is boooooouuuuuuulllllllshhhhiiiiiiiiiieeeeeeethhhhhhh!!!!!!!!!

  21. jsj said,

    YESUS DAN ISA AL MASIH ADALAH ORG YG SAMA.BEDANYA CUMA PADA PNYEBUTAN NAMANYA SAJA.KARENA DIA MEMANG BUKAN ORG ARAB. ORG2 NASRANI MEMANGGILNYA YESUS,DAN ORG ISLAM MEMANGGILNYA ISA PUTRA MARYAM.BUAT ANDA (AHLI SURGA),SAYA YAKIN ANDA ORG YG CUMA NGAKU BAHWA ANDA ORG ISLAM. ANDA JUGA HARUS BERIMAN PADA ISA (YESUS). TIDAK BOLEH MEMBEDAKAN PARA ROSUL ALLAH. COBA ANDA BUKA KMBALI AL QUR’AN ANDA!!DAN LIHAT SURAT AN-NISA AYAT 150-151. ITUPUN KALAU ANDA BERIMAN PADA KITAB ALLAH.

  22. yesalover said,

    wakakakak, malah flamming semua…entahlah, sepertinya kalian memang telah terbius oleh candu agama…sayangnya kalian (yang flamming) cuma mengecap candu itu belaka, ga bisa menangkap hakikat agama…heuehueheuhe

  23. TinezZ said,

    I just write this for U(Ahli Surga) Lo gak usah ngaku-ngaku jadi namanya”ahli surga” padahal gw percaya lo tuh Atheis! Are U sure with your comment? I didn’t think so…I belive Jesus can save me, Oh ya, gw mau ngomong ke elo! kami bukan”pemuja Yesus” seperti yang anda katakan, tetapi kami adalah pengikut Yesus yang senantiasa Percaya kepada-Nya dan selalu taat akan perintahnya. jadi bukan “pemuja Yesus” seperti yang anda katakan! Dan kami percaya bahwa Alkitab mengatakan Yesus akan datang untuk yang kedua kalinya, dan pada saat itulah yang kita katakan sebagai kiamat, dan kalau Yesus tidak datang pada saat kiamat, itu namanya bukan kiamat! Karena Yesus selalu menepati janji-Nya untuk umat-Nya yang percaya kepadanya. Kalopun lo nggak Atheis, gw tau pikiran lo pasti kemasukan iblis, so….lo digunain iblis! dan jangan coba-coba ngomong BULSHIT untuk Tuhan! kalo lo nggak mau MATI CEPAT! Gue yakin kalo lo pernah sekali aja masuk kedalam gereja, lo nggak bakal bisa bertahan, karena didalam ucapan lo aja udah banyak SETAN!

  24. alice said,

    yaa.. coba deh buat kalian yg beragama muslim buka al-quran kalian SURAT AN-NISA AYAT 150-151.. kaLian baca baik”..
    d Al-Quran ada tertulis bahwa nabi ISA akan datang pad aAKHIR ZAMAN UNTUK MENGHAKIMI YG HIDUP DAN YANG MATI,, begitu juga d Alkitab!!! Tertulis bahwa YESUS AKAN DATANG UNTUK MENYELAMAT KAN UMAT YANG PERCAYA PADANYA,DAN IA AKAN MENGHAKIMI YG HIDUP DAN YANG MATI!!!

    jadi jika beritu tulang” itu benar… dan membuat kepercayaan kristiani salah total.. brarti yg tertulis d ALQURAN pun SALAH TOTAL!!!!

    seandainya org’ non Kristen itu mau membaca al-quran mreka dengan benar dan teliti pasti mreka tidaklah fanatik.. begitu juga yg Kristen….

    Inti dari agama kita adalah satu… y itu pada TUHAN… jadi hentikan semua ke Egoisan kita untuk mengatakan “Agama kulah yg paling benar atau agama mu lah yg salah!!!”

    kita ini sama” manusia….

    inget aja: “KASIHI SESAMA TERLEBIH TUHAN!!!”

    -GBU-

  25. Marheinis said,

    saya heran dengan kalian, kenapa masih memperdebatkan masalah agama.
    agama itu sifatnya spiritual dan misterius, bukan untuk diperdebatkan seperti ini. ilmu pasti dan permasalahan2 sosial mgkn bisa diperdebatkan, tapi bukan agama.
    intinya hanya satu, kita percaya adanya Tuhan atau tidak…
    bagi teman2 nasrani yang percaya dengan Yesus, tidak ada yang salah dengan hal tersebut, begitu juga dengan teman2 yang beragama Islam atau mungkin agama2 lainnya untuk percaya sesuai dengan yang diajarkan oleh agamanya masing-masing.
    Itu hak kalian semua untuk mempercayai nubuat yang diajarkan oleh agama kalian sendiri. kalo sampai ada perdebatan-perdebatan, baik seperti di forum ini atau yang kita liat secara aktual di sekeliling kita bahkan pertentangan-pertentangan yang ada di antara sesama pemeluk beragama di negara ini sampai sekarang, itu hanya bentuk provokasi saja. tentunya Tuhan juga tidak menginginkan pertentangan di antara manusia ciptaannya. semua kembali ke pribadi dari masing-masing individu.

    biarkan sesama kita memeluk agama sesuai keyakinannya, itu baru penghormatan terhadap hak asasi manusia!!!

  26. yesalover said,

    Yup..saya secara prinsipal setuju ma bung marhaenis..tp biarin aj bung, biar aj teman2 yg lain berdebat, toh dengan begitu mereka akan tambah dewasa (or tambah fanatik??)

  27. pusing said,

    Daripada loe2 semua pusing mikirin tulangnya si yesus, mending loe2 nonton tukul aja dijamin ketawa ngakak ngakak

  28. yisa said,

    salam buat semua pembaca,walaupun saya sebagai orang muslim saya tidak pernah mempercayai segala hal yang ditemukan atau diberitakan secara mendadak, tapi kalian sebagai penganut kristiani agar tabah menghadapi semua cobaan ini, kalau kita lihat lagi semua kejadian ini penanyangan film documenter ini kan dari kanada kalian juga harus mempertanyakan apa yg mereka anut jadi jangan kalian membawa-bawa surat an-nisa atau injil yg kita anut.

  29. Machdalena Fretti said,

    Pokoke, kebenaran yang hakiki menurut iman orang percaya adalah ALKITAB… Cuma ALKITAB kebenaran yang memerdekakan.

    Saya percaya Yesus mati dan bangkit seutuhnya tanpa meninggalkan tulang…
    Biar saja mereka menganggap yang salah itu, tapi tetap percaya YESUS jaminan orang Kristen masuk Surga (Yoh 14:6) dan (Kis 4:12).

    YESUS is my GOD 4ever

    Thanx n JBU

  30. Edison Gultom said,

    Saya bersyukur ada pemberitaan dan komentar (pro maupun kontra) tentang penemuan tulang belulang Tuhan Yesus dan keluarganya. Pemberitaan ini makin menguatkan iman percaya saya pada Tuhan Yesus, dan makin menyadarkan saya untuk memahami betapa sombong dan bodohnya manusia. Bodoh tapi sombongnya manusia makin menjadi saat ia mengclaim manusia pintar dan mampu menciptakan teknologi yang sangat canggih dan pada saat yang sama bertuhankan pada kepintaran dan teknologi yang dibuatnya, persis seperti orang-orang masa sebelum dan saat hadirnya Tuhan Yesus ke dalam dunia, membangun patung dari emas dan menyembah buatannya itu serta menganggap dirinya yang paling benar dan suci seperti yang dipertontonkan para ahli Taurat saat itu. Bentuknya saja yang berbeda, yang satu dibangun dengan basis pengetahuan yang lain seni. Itu saja. Puji Tuhan saya makin percaya pada Mu ya Yesusku.

  31. julius said,

    ok. Aku punya Alkitab bahasa jawa tulisan Arab. tahun 1879. Kuno. mau aku jual. apa ada yang minat? Hpku : 08882798423

  32. sisca said,

    Bagi yang percaya dan yakin sama Tuhan kita Yesus kristus,jangan kalian terpengaruh berita tersebut. Di alkitab saja tertulis bahwa hal-hal seperti ini juga tanda-tanda akhir jaman, dimana iman akan digoyahkan. Hanya yang benar-benar percaya dan bertahan akan iman tersebut yang akan menerima kunci Kerajaan Allah.Mari kita semua sebagai pengikut Tuhan Yesus Kristus,kita berdoa bersama dan saling menguatkan iman dan lebih meningkatkan ibadah kita,pasti kemenangan ada dipihak kita,karena kita yang mempunyai kerajaan surga,Amin.

  33. bang gege said,

    itu ga mungkin karena yesus naik kesurga bersama jasadnya
    bagi kita semua umat kristiani jangan percaya dan jangan tergoyahkan imannya

  34. othephe said,

    33 comment!! seru juga bacanya.
    Well, apapun sanggahan terhadap Ketuhanan Yesus Kristus dan bagaimanapun cara dunia mencoba mengaburkannya, dan atauuu SKALIPUN Alkitab itu isinya salah (cuma contoh, soalnya Alkitab adlh kebenaran Firman Tuhan) tetap ga akan runtuhin pribadi Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruslamat dlm hidup saya… soalnya DIA nyata dlm hidup saya, tiap hari jalan sama2. DIA sahabat saya. DIA mengasihi saya orang berdosa. Thank you Jesus!!

  35. VodkaLoverS said,

    apa mungkin yg ditemukan oleh oreng2 tersebut adalah tulang dari Yesus ??? menurut pendapat saya itu tidak mungkin karena apa yg dipercayai oleh kaum krstiani Yesus Telah naik ke surga dan nantinya akan menyelatkan kita umat manusia…. jd jgn terlalu terpengaruh akan apa yg diberitakn dan dibuat oleh manusia percayailah apa yg sudah anda percayai… karena bukan hanya sekali kemarin2 kita telah diguncangkan oleh novel the da vinci code yg begitu kontroversi….

  36. agiprasetiadi said,

    Waduh, sampai 35 post neh (tambah aku jadi 36). Banyak banget.
    Responnya pun bervariasi, ada yang positif, negatif, sama netral. Dan postinganku ini netral. Intinya sih gini, aku setuju2 aja ama yang posting nomor 28. Jangan langsung percaya dengan berita, apalagi yang kontroversial. Selidiki dulu kebenarannya, baru silahkan mengambil keputusan sendiri.
    Percayailah apa yang kita percayai. Karena toh kita sendiri (atau orang tua kita) yang memutuskan kita untuk memberikan kita suatu kepercayaan. Manusia, seperti para filsuf, ditugaskan untuk mencari kebenaran itu. Jadi, Discovery sendiri yang menayangkan hal seperti itu sepertinya menunjukkan apa yang ia yakini, walaupun (menurut saya) caranya nggak pantas.
    Buat yang posting2 dengan nada keras, mohon diperlembut sedikit jika posting. Kita kan hidup bebarengan dan berusaha saling mengerti.

    GBU

  37. ricky said,

    Menurut hemat saya, tak perlu saling menghardik atau memaksa kehendak. Yang saya yakini adalah bahwa setiap manusia itu bertanggung jawab langsung kepada Allah pencipta alam semesta. Agama itu adalah sesuatu yang sangat pribadi, jadi sebaiknya masing-masing kita melakukan dan mengimani yang kita yakini. Bahwa saya meyakini bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN adalah hak saya. Bila ada yang tak sependapat , tak dapat saya hardik atau apapun. Yang dapat saya lakukan adalah bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui Kristus. Kasih karunia yang penuh kedamaian dan kesejahteraan dari surga menyertai mu. Haleluya

  38. He is Risen! said,

    Whatever u said guys, 4 me JESUS IS MY SAVIOUR, MY REDEEMER, MY KING, MY BEST FRIEND, MY HEALER, MY UNSHAKEN FORTRESS, & MY ALL IN ALL!!!

    Unt yang “membenci” Yesus, trust me, suatu saat kalau DIA menjamah hidupmu, u can hide nowhere, even u can’t escape from HIS GLORY. HE WILL REVEAL HIMSELF AS THE LIVING GOD SO THAT U SHALL CONFESS WITH YOUR OWN TOUNGE THAT ONLY JESUS WHO CAN SAVE YOUR LIFE.

    Everything has it’s time, begitu juga kebenaran.
    JESUS IS THE TRUTH, THE WAY, AND THE LIFE!

    Blessed be Your Name Jesus.

    GBU all.

  39. Hedonese said,

    Betulkah Itu Makam Yesus?

    karya dari Darrel Bock
    terjemahan dari Chang Wei Hao

    Semalam, saya telah menonton semua laporan berkaitan dengan makam Talpiot. Umat Kristian tidak perlu risau sangat. Beberapa wakil Kristian nampaknya bimbang, seolah-olah menjerit di depan pemberita dalam lapuran khas Discovery itu. Mungkin sebabnya mereka belum tengok lagi rancangan itu dan perlu mengulas tentang isu tersebut, seperti menembak dalam kegelapan. Setelah meneliti rancangan dokumentari itu, hujah-hujahnya mengandungi pelbagai masalah yang boleh dikupas dengan rasa sabar.

    Contohnya, kita tidak perlu ijazah bidang biologi untuk mengetahui jika seseorang menguji DNA anda, ia tentunya tidak sepadan dengan kebanyakan orang yang lain. Jadi, hujah DNA yang disebut dalam rancangan itu tidak membuktikan apa-apa, hanya memberi kita suatu keputusan yang sudah dijangka. Seorang pakar Antropologi Forensik berkata semalam dalam rancangan Anderson Cooper 360, ia bukan bukti yang seberapa. Hasil ujian DNA itu tidak membuktikan apa-apa yang penting.

    Kita tidak perlu ijazah bidang geografi juga untuk mengetahui bahawa jika keluarga Yesus berasal dari Galilee, kenapa pula makam keluarga mereka berada di Jerusalem? Dua permerhatian mudah ini dapat membantu kita kupas kelemahan hujah dalam rancangan dokumentari ini.

    Hujah dari kebarangkalian statistik itu bergantung kepada ANDAIAN bahawa makam Talpiot itu makam sebuah keluarga. Tapi satu-satunya kesimpulan yang mungkin kita dapati dari ujian DNA yang tidak sepadan ialah ia bukannya sebuah makam keluarga. Apa kata sekiranya makam ini tidak mengandungi sebuah keluarga, tapi hanya orang-orang dari keluarga yang berlainan dalam wilayah yang sama? Atau pun makam ini dikongsi oleh beberapa keluarga? Semua soalan asas sebegini adalah sebahagian dari proses pengajian sejarah.

    Dan kebenaran bagi ‘senario’ yang mana-mana satu pun akan meyangkal dakwaan sensasi bahawa inilah makam Yesus (Nabi Isa). Jadi marilah kita menanya beberapa soalan biasa ini bagi mendedahkan andaian-andaian tersirat dalam usaha memperolehi nombor ‘statistik’ ini yang mudah dicabar. Seterusnya, analisis kebarangkalian tidak bermakna kerana apa yang disukat itu bukannya apa yang diandaikan.

    Maka tiada sebab untuk melolong atau menjerit, hanya memberi soalan yang bagus. Asingkan fakta dari tafsirannya. Fakta: kita menemui makam yang mengandungi sepuluh kotak berisi rangka tulang dari abad pertama Selepas Masehi. Ada nama tertulis di atas kotak dan dua daripada mereka (satu bernama Yesus dan yang lain bernama Mary) tidak mempunyai hubungan biologi. Itu SAHAJA yang kita ketahui dari rancangan tersebut. Yang lain itu tafsiran.

    Para penerbit rancangan khas itu kata mereka inginkan lebih siasatan dan mencari kebenaran. Sambutlah cabaran ini, kata saya. Fakta-fakta yang timbul akan menunjukkan bahawa makam Talpiot tiada kaitan langsung dengan keluarga Yesus. Yang ada hanyalah sebuah makam abad pertama yang mengandungi beberapa kotak rangka tulang, yang membantu kita fahami nama dan amalan zaman itu.

    Mari kita meneliti isu-isu budaya zaman kita pula. Ya, usaha ‘hentam’ kepercayaan Kristiani makin lumrah dalam kerakusan mengejar wang ringgit dan pujaan ramai bagi sesetengah orang. Mudah kita sebagai umat Kristian berasa kecewa. Saya memberitahu murid-murid di seminari supaya mengambil ‘suntikan vaksin’ sampainya Hari Natal ataupun Easter kerana lazimnya amalan menghantam Kristian pada musim cuti. Jangan terperanjat dengan corak duniawi yang dijangka ini.

    Harus juga kita mencabar motif HarperSanFrancisco dalam terbitannya yang sentiasa ‘menghentam’ kepercayaan Kristian.

    Tapi, penting sekali, kita perlu dana wang untuk menerbit dokumentari berkualiti tinggi dengan cendekiawan Kristian yang masyhur. Pokoknya, orang umum dapat membuat perbandingan dan lihat sendiri kelemahan hujah-hujah sensasi sebegini.

    Mari kita menyahut cabaran untuk memberi pandangan yang sebaliknya. Industri penerbitan Kristian berbillion dollar nilainya. Usaha sebegini tidak memberi kesan atas keuntungan mereka (adakah faktor duit yang paling penting dalam isu ini?)

    Hakikatnya, hanya 0.2% wang dijana oleh industri ini boleh mendokong usaha terbitan rancangan khas setiap tahun. Jika syarikat penerbitan Kristian menderma dengan murah hati, kita dapat menonjolkan motif yang berdasarkan kebenaran, dan bukannya keuntungan. Mungkin juga kita tidak harus berbangga dengan organisasi seperti badan Penyiaran Agama Negara [National Religious Broadcasters] kerana tidak melangkah ke hadapan untuk menyahut cabaran budaya ini? Mungkin mereka atau badan sepertinya harus menggembleng tenaga yang padu untuk mempertahankan iman. Kenapa tidak syarikat Kristian besar mengumpul sumber kewangan seperti rangkaian penyiaran kabel lain dan menerbitkan dokumentari berkualiti untuk tontonan televisyen?

    Itulah cabaran yang saya berikan. Hentikan jeritan dan rungutan. Hasilkanlah sesuatu berkualiti tinggi yang menonjolkan tahap cendekiawan berwibawa, supaya budaya kita dapat melihat kisah sebenar dengan lebih menyeluruh.

    Mungkin usaha sebegini akan menghasilkan sesuatu yang boleh dipercayai dan bermutu.
    Inilah usaha yang diperlukan jika umat Kristan serius melibatkan diri dalam perbincangan sejagat. Renungkanlah.

  40. gua orang desa.... said,

    buat orang-orang yang banyak komentar ga jelas… kaya si AHLI SURGA…. ini juga klo si AHLI SURGA masih hidup…. lu klo ga percaya ya udah, ga usah digembor-gemborin di internet dong… jesus love you, NAK!!!!

  41. rian said,

    yesus………, gua rasa ga ada yg bener knapa harus nyembah dia dia aja waktu tewas nyebut “yelli-yelli lamma sabakta “tuhan2 kenapa kau tinggalkan aku di mana sosok tuhan pada dirinya,ungkap dulu maksud ucapan dia,ga perlu mikir makam atau jasad dia,kami juga percaya kebenaran dia ada, tpi penyalah gunaan itu yg ga benar kenapa injil harus berubah2 tiap tahun kalam tuhan itu abadi tidak perlu mengikuti perkembangan zaman,tlng kirim ke alamat e_mail saya kalau ada orang yg hafal injil tiap keluaran terbaru,thanks

  42. pataya said,

    yesus tidak akan mati karena dia allah yg hidup.
    kalo ada yg bilang gini tuh namanya cari sensasi tapi konyol,karena gue tau dia yesus adalah kekal abadi adanya,tetap tuhan dan tetap sendiri untuk semua umat.

  43. Mery said,

    Ya……………….Tuhan Yesus tunjukkanlah jalan yang terbak bagi Saya, sebab hidup ku sangat menderita di setiap saat, saya ingin engkau mengabulkan perkataan ku ini.
    Saya harap pada suatu saat gue tidak bisa menderita seperti ini lagi. Gue tahu Yesus Putra Allah yang Abadi dan wafat di salib karena kesalahan semua umat manusia di Dunia ini.

  44. peace_boy said,

    wah2 ada yg flame2 juga, klo nurutku sih ya smuanya balik ke pribadi kita masing2. bukankah semua agama mengajarkan hal2 yang baik, setiap orang bisa mengklaim bahwa agamanya adalah agama yang benar, tp klo tidak disertai dengan perbuatan sama aja jadi batu sandungan dunk. sama seperti iklan penjual kecap yang berkata “Kecap No 1″ gak ada kecap no 2 hehehhhe. buatku sndiri klo tiap orang bilang bahwa agama orang itu bener tp dia tidak bisa memberikan contoh dalam perbuatannya sehari-hari bagaimana orang lain bisa melihatnya sbagai sesuatu yang baik. for an example kaya kasus di denmark gambar nabi yang sempat dproses dengan pembakaran2 dan aksi laennya, sedangkan Yesus aja digambarin setengah bugil, dibilang kawin ama maria, punya anak dan laennya jg ga ada yang marah ^^, gambar budha pun dibuat rambutnya sampe keriting kecil2 jg g ada yang marah2, dan laennya. kalau buatku sih ya baik tidaknya suatu agama kembali perbuatan pemeluknya terhadap sesama manusia ^^.

    GBU

  45. iyut said,

    ttg Kubur Yesus? jelas ini tidak sesuai dengan fakta, Alkitab yang adalah firmanTuhan telah menyatakan bahwa Yesus bangkit. hal ini telah diimani oleh banyak orang percaya. apapun kontroversi yang saat ini di b’ritakan tidak akan mampu menyaingi fakta bahwa YESUS benar-benar bangkit! karena Dia telah bangkit maka kita perlu memaknai hidup kita dengan hidup yang bermakna… Amen….

  46. vent said,

    ssssssssstttttttttttttttttt
    udah jangan ribut cari makan dulu yach
    kebenaran itu milik Tuhan siapakah kita ini kok merasa paling benar

  47. Chriss.. said,

    astaga, kyk tempat debat neh??
    tpi gw jg ngk pcaya ttg brita gtan, agk nonsense for kita2 yang kristiani, hoho
    GBU always dey smuanya,
    dadagh

  48. Kaka' said,

    Lagi-Lagi iman percaya kita diuji oleh argumen-argumen yang menyanggah eksistensi seta “KETUHANAN” Tuhan kita, Yesus Kristus. Dan yang terbaru adalah ditemukannya kuburan keluarga yang diisuekan merupakan Kuburan Yesus, Maria Magdalena, dan keluarganya bahkan adanya anak Yesus bernama Yudas, sungguh konyol. Sebuah bukti tak adanya hubungan DNA antar mereka harusnya cukup membuat kita berhenti mempertanyakan semua ini. Lagipula tertulis dalam ALKITAB bahwa kebangkitan serta kenaikan Yesus telah disaksikan oleh 500 lebih saudara serta semua murid-muridNya. Jikalau Yesus yang kita sembah benar-benar MATI, maka tak mungkin kuasa, anugerah, penyertaan serta kehadiranNya dapat kita rasakan. Kita sebagai umatNya tentu pernah merasakan jamahan kuasa dan hadiratNya saat kita datang menyembah ke hadapanNya. Hadirat serta semua kuasanya tak mungkin hanya ilusi karena kita sendiri telah merasakannya. Jikalau kita memang anak Tuhan, tentulah kita pernah merasakan hangatnya dekapan Bapa yang tak mungin hanyalah rekayasa dan hanya angan-angn kita semata. Seorang Kristen sejati tidak akan menggubris berita ini dan tak ada kepercayaan serta keraguan setitik pun akan hal tersebut. Dan saya adalah seorang Kristen sejati. Orang yang meragukan dan mempertimbangkan kebenaran berita ini berarti belum pernah merasakan penebusan dan kasihNya dan Kekristenannya patut dipertanyakan.

  49. Kaka' said,

    Sori nambahin lagi, gw kesel bgt ma yang namanya rian yang ngirim tgl 13 September, ini forum bwat masukin pendapat, bukan untuk ngejek Yesus, kita punya kepercayaan masing-masing, tapi tetep ada aturannya dan harus saling menghormati, kita sesama umat beragama ga boleh mengejek Tuhannya agama laen, kcuali klo yang namanya Rian itu atheis….kalo nggak pecaya ya nggak usah ngehina gitu deh, gw bukannya fanatik, tapi kalo mau masuk neraka masuk aja sendiri…..bertobatlah sebelum Ia datang untuk kedua kalinya…..GBU

  50. Kaka' said,

    Biar sekalian ada 50 gw mau tambahin sedikit lagi buat para teman-teman seiman gw. Biarlah semua ini semakin menguatkan iman kita pada Tuhan kita, Yesus Kristus. Sebenarnya kita juga nggak perlu sih membela Tuhan Kita, karena Ia sendiri punya kuasa untuk melakukannya, tapi aku juga salut sama kalian2 semua yang ternyata tidak goyah imannya. Gw bersyukur banget. Gw juga maw betrima kasih sama para orang MUSLIM yang mendukung serta menguatkan kita dan nggak mengejek kita walaupun ada beberap perbedaan antara kita, sopan-sopan lagi. Kecuali ada beberapa orang ( mungkin ATHEIS ) yang sempet membuat gw tersinggung. Tmen-tmen, jangan lupa kalo nanti ada lagi hipotesa-hipotesa yang sangat meyakinkan untuk menyanggah iman percaya kita pun, kita sebagai umat Kristen masih memiliki satu buah senjata lagi kok, senjata itu adalah IMAN. Ada tertulis bahwa iman itu adalah DASAR DARI SEGALA SESUATU YANG KITA HARAPKAN DAN BUKTI DARI SEGALA SESUATU YANG TIDAK KITA LIHAT. Jadi walaupun kita tidak melihat secara langsung kehidupan Tuhan Yesus, tetapi jika kita memiliki iman kepadaNya, maka iman kita tak kan tergoyahkan. Ini juga merupakan tanda-tanda akhir zaman dan menguji iman orang percaya. Sadarlah bahwa kita hanyalah manusia yang sangat terbatas namun berusaha mengerti Allah yang tidak terbatas. Kita hanyalah debu yang tidak dapat mengerti sepenuhnya tentang penciptanya.

    Bubyee tman-tman smuanya, GBU all…..Biarlah semua ini mempersatukan kita, bukan semakin membuat kita tercerai berai, karena kita semua warga Indonesia, kita juga harus selalu berdoa untuk negara kita tercinta. I LOVE YOU MY ONLY JESUS……From : Joshua Grant David

  51. Alam said,

    gak usah meperdebatkan Agama gak akan selesai ampe akhir jaman kalo masih memperdebatkan kepercayaan…….. kita memiliki kepercayaan masing2 lebih baik saling mengasihi saling mencintai sesama……..

  52. sasa said,

    ya,.. benar ini adalah sebuah berita yang cukup menghebohkan
    saran saya..bentar lagi kan hari penghakinam datang akhir dunia menjelang
    (entah 100th entah 100 th entah 10 th entar 1th entah 10 menit lagi kita ga taun yg pasti dah dekat)
    kenapa kita tidak simpan saja pertanyaan kita dan akan kita ajukan kepada Yesus sendiri…apakah dia bangkit atau tidak…saya rasa Yesus tidak keberatan untuk menjawab kita
    tapi….
    masalahnya sekarang hai.. orang-orang yg percaya kepada Kristus Yesus…
    adalah imanmu tetap sampai pada waktu DIA datang ataukah engkayu akan dibuat ragu oleh dunia yang telah jatuh dalam dosa????
    kalo saya..tetap pada pendirian yg telah diberikan dan kasih karunia yang telah saya rasakan….dari hidup bersama dengan Tuhan bahwa :
    YESUS BANGKIT DAN TIDAK MENINGGALLKAN TULANG2 NYA
    tidak ada tulang bukan karena dicuri or di bawa anjing liar tp karena Dia mmg telah bangkit….
    seperti apa kata komentator sebelumnya…
    pada waktu itu nama Yesus, maria, Yusuf dan matius tidak hanya dipunyai satu orang/keluarga saja. tapi banyak yg menggunakannya makanya untuk mengidentifikasinya ada tambahan NASARET dibelakangnya…
    pertanyaannya apakah dipeti itu ada tulisan YESUS ORG NASARET????
    jika ada saya akan acung jempol dan mengatakan “ternyata banyak orang yg ingin merekayasa dan menghancurkan iman yg ada dalam diri org pcy”
    ingatlah hai..org yg dikasihi-NYA “singa (si jahat) hanya akan mengaum si sekeliling kita dia tidak punya gigi (kekuasaan n kekuatan) untuk mengingit kita karena dia telah dilkalahkan oleh Tuhan…jadi untuk apa kita menjadi gentar

  53. edo said,

    sok pada tau lo jls2 Tuhan Yesus sdh naik ke srga bersm tlng2ny

  54. donovan said,

    udah-udah!!! nggak baik ngomongin orang yang udah mati…… ntar kualat! nyahok lu!!

  55. wow said,

    wow..

    aku baca forum ni dan terkaget2…
    banyak banget coment2 diatas, dan beberapa yang terasa kasar..
    agama itu soal privasi, hubungan antara kita dan Tuhan..
    g perlu juga diperdebatkan seperti ini…

    satu lagi,
    disini malah pada ngaco kasih commentnya
    bukannya ngebahas berita ttg penemuan tulang Yesus tapi malah ngebandingin agama satu lebih baik dari yang lain..
    apapun agama kita, yang penting berusahalah jadi pengikut agama dengan benar

    piss yo ^0^

  56. kikopoc said,

    kaka`, u are the most “PEKAK”man i`ve ever seen…..walau apapun yg di sumpalin ke telinga lo, tetap aja lo orang paling “PEKAK” sedunia…. lo tu dari orok udah di sumbatin ajaran suci yg di bawa oleh nabi ISA,as tapi di ubah dan di sesat kan oleh PAULUS “SETAN PENDUSTA”… aku tau km gak akan berubah dan tetap berpegang teguh dgn keimanan “PAULUS” mu itu… soo silahkan minta bless dari “TUHAN” (padahal tuhan itu gak ada, yg ada ALLAH, SWT) well… have a nice day with ur PAULUS “THE SATAN”….. BYE…………….

  57. john siswanto said,

    kenapa ya orang kristen kok menanggapinya dengan emosional, seharusnya kan ini jadi momentum untuk introspeksi
    DI DALAM 4 INJIL
    1. SILSILAH Yesus yang jelas kontradiktif saja NO PROBLEMO !
    2. CERITA Kelahiran Yesus yang kontradiktif saja NO PROBLEMO !
    3. cerita 4 injil resmi tentang Yesus ada yang kontradiktif saja NO PROBLEMO !
    4. riwayat Yesus umur 12 sampai 30 tahun tidak tertulis di injil saja NO PROBLEMO!
    5. perbuatan dan perintah Yesus tidak dijalankan saja NO PROBLEMO!
    6. kematian Yesus dan naik ke sorga yang kontradiktif saja NO PROBLEMO !
    7. datangnya nabi lain sesudah Yesus NO PROBLEMO !
    SEMUA YANG TERTULIS DI 4 INJIL DITERIMA DENGAN NO PROBLEMO !
    HARUSNYA BERITA TENTANG DITEMUKANNYA MAKAM YESUS TERIMA SAJA DENGAN NO , NO PROBLEMOOOO !

  58. john siswanto said,

    buat SASA
    jelas tidak akan pernah ada peti mati tertulis YESUS ORANG NAZARET karena kota Nazaret belum ada pada zaman Yesus, kota NAZARET baru muncul pada akhir abad 4 masehi
    Sumber:
    Wikipedia-Nazareth
    Online : http://en.wikipedia.org/wiki/Nazareth#Contrary_views

    Frank Zindler, managing editor of the American Atheist Press, has asserted that Nazareth did not exist in the first century.[47] His arguments include the following:

    No “ancient historians or geographers mention [Nazareth] before the beginning of the fourth century [AD].”[48]
    Nazareth is not mentioned in the Old Testament, the Talmud, nor in the Apocrypha and it does not appear in any early rabbinic literature.
    Nazareth was not included in the list of settlements of the tribes of Zebulon (Joshua 19:10-16) which mentions twelve towns and six villages
    Nazareth is not included among the 45 cities of Galilee that were mentioned by Josephus (37AD-100AD).
    Nazareth is also missing from the 63 towns of Galilee mentioned in the Talmud.

  59. agaboes said,

    Buat Alice anda salah kutip An nisa 50- 51 adalah spt ini,
    50. Perhatikanlah, betapakah mereka mengada-adakan dusta terhadap Allah? Dan cukuplah perbuatan itu menjadi dosa yang nyata (bagi mereka).

    51. Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang diberi bahagian dari Al kitab? Mereka percaya kepada jibt dan thaghut[309], dan mengatakan kepada orang-orang Kafir (musyrik Mekah), bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang-orang yang beriman

    sekalian tolong postingkan pada qur’an surat apa dan ayat berapa yang berbunyi bahwa nabi ISA akan datang pad aAKHIR ZAMAN UNTUK MENGHAKIMI YG HIDUP DAN YANG MATI,,
    sy sudh search kok gak ketemu,

  60. ANTONIUS said,

    SEMUA ITU TERGANTUNG DARI KENYAKINAN KITA.TIDAK USAH DIPERDEBATKAN.SIAPA YG BERASAL DARI KEHENDAK ALLAH DIA AKAN HIDUP SELAMA2NYA.

  61. Yunus bin Zakaria -A.K.A- Yohanes anak Zakaria said,

    Saya yakin 1000% saat ini juga jika diminta,
    Saya bisa menemukan puluhan kuburan di tapanuli yang bertuliskan
    UCOK anaknya PARLINDUNGAN,
    bersebelahan dengan kuburan emaknya SONDANG
    disebelahnya istri ucok BUTET
    and then his beloved son PARULIAN next to his wife
    Thats a fact!

  62. Killing in the name of god said,

    Masuk Kristen dan menerima Yesus sebagai juruselamat TIDAK MENJAMIN MASUK SURGA, keselamatan(masuk surga) itu anugrah Tuhan dan kalo ada pemimpin agama kalian yang suruh kalian bunuh/bencilah manusia lain yang beda agama dengan kalian, tampar aja, dia baru kemasukan setan tadi malam tapi ngakunya dapat ilham. Buat apa Tuhan yang katanya mahakuasa suruh manusia buat melakukan keinginannya? Biarkan Tuhan membela diri-Nya sendiri. ada juga manusia sirik yang memakai kedok perintah tuhan untuk melegalisir tindakannya.
    Contoh ekstrimnya aja, coba teman2 yang masih pake ilmu hitam, survei dengan santet beberapa pemuka agama, pasti tahu Tuhan siapa yang benar dan melindungi umatnya, kan beres.

  63. vea said,

    “Masuk Kristen dan menerima Yesus sebagai juruselamat TIDAK MENJAMIN MASUK SURGA, keselamatan(masuk surga) itu anugrah Tuhan dan kalo ada pemimpin agama kalian yang suruh kalian bunuh/bencilah manusia lain yang beda agama dengan kalian, tampar aja, dia baru kemasukan setan tadi malam tapi ngakunya dapat ilham. Buat apa Tuhan yang katanya mahakuasa suruh manusia buat melakukan keinginannya? Biarkan Tuhan membela diri-Nya sendiri. ada juga manusia sirik yang memakai kedok perintah tuhan untuk melegalisir tindakannya.
    Contoh ekstrimnya aja, coba teman2 yang masih pake ilmu hitam, survei dengan santet beberapa pemuka agama, pasti tahu Tuhan siapa yang benar dan melindungi umatnya, kan beres.”

    bener bgt…gw setuju, tuhan bisa mbela dirinya sendiri koq…apa haknya manusia ngurusin urusannya tuhan ?

  64. michaeljubel said,

    this is totally crap. ngapain didengerin sih? semakin kita emosi, semakin kita bilang-bilang ke orang laen, semakin besar juga efek yang ditimbulkan.

    dah biarin aja. anggap aja berita selewat. udah biasa kaya beginian mah. dah dari jaman kapan juga udah sering.

    dah ah..

  65. justin said,

    emang gitulah kerja orang yang tidak punya pekerjaan selalu mepersoalkan iman orang lain. emang gue pikirin apa yang kalian temukan, imanku tetap kuat tak tergoyahkan

  66. cah bagus alim meneh said,

    aku nomor 66

  67. konde said,

    nak aku 67 ae Gus!

  68. yoi said,

    helah ko’ 66 ru 67 no-Ip_ne padha?

  69. yesalover said,

    @ yoi…
    biasa lah, kae cah pekok…
    hehehe :)

  70. iqbal said,

    gw nda kan percaya ama yesus tuhan ku 1 ALLAH SWT
    lagi pula mo nemuin apapun kan bukann jadi persoalan
    mungkin ini bullshit news!!!!!
    gw no 70

  71. aduh???? said,

    ehhh tu yg no 3 ko krang di ajar betul sih??? bilang al quran ntu bohong nnti lo tunngu jawaban dari ALLAH SWT yang maha pencipta

    alladzii khalaqa almawta waalhayaata liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalan wahuwa al’aziizu alghafuuru

    [67:2] Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (AL MULK (KERAJAAN) ayat 2)

  72. Bagai said,

    Ingat saja yoh 1;1,
    dan ingat kepercayaan lain manusialah yang berusaha mencari tuhan dan keselamatan, tapi kristen, Allahlah yang mencari kita dan keselamatan telah disediakannya.

  73. yesaya said,

    he..he…makanya dengerin tuh…buka telinga lebar2…kan udah dibilngin tuh yang disalib bukan isa..tp yudas…dan itu petinya yg dianggap sebagai yesus…adalah tulang yudas. isa kan naik kelangit…dan ntar pasti turun kdunia, tuk meluruskan kalian2 punya keyakinan yang ndak bener seperti sekarang ini!

  74. mujahid said,

    orang islam harus beriman kepada 25 rasul. itu hukumnya wajib. jika tidak. nerakalah adalah imbalannya. tapi bukan berarti orang islam diperintahkan untuk menyembah dan memujanya. orang islam hanya diperintahkan untuk mengimaninya saja bukan menyembah nya. hanya satu cara kita menuju surga… uman kepada Allah swt, mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya. bukan menyembah salah satu makhluk ciptaanNya. itu adalah salah satu perbuatan syirik. sedangkan syirik merupakan dosa yang tidak bisa diampuni. cara orang Islam menyembah Allah swt dan memujaNya hanyalah mengikuti cara – cara yang telah ajarkan oleh rasulullah Muhammad saw. dialah nabi akhir zaman setelah rasul isa al masih. tiada rasul dan nabi lain lagi. yang bukan dari kalangan bani israil melainkan dari golongan kaum yang hina waktu itu. (makanya pertama kali ga ada yang percaya bahkan kaumnya sendiri). tapi dialah nabi akhir zaman yang mengajarkan kepada kita untuk menyembah dan memuja Allah swt secara hakiki….
    hey guys…. pingin surga? maka sembahlah Allah swt… bukan allah (doank)….
    ci luk ba !!!!

  75. wassalaam said,

    guys….
    namanya manusia tuh, wajib mencari Tuhannya.
    para nabi dan rasulNya aja berjuang mencari Tuhannya.
    koq kita manusia biasa …. eh,,, tau2nya udah ada Tuhan yang nolongin kita. memang Tuhan menolong kita karena Dialah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. tapi bukan berarti Tuhan harus turun ke dunia dan meluruskan semuanya. pake berkorban lalu dibunuh oleh manusia. Ingat, iblis atau setan adalah makhluk yang telah berumur jutaan tahun yang pintar dan ahli ibadah di masa kejayaannya. tapi setelah manusia datang doi di coba choy. karena sifatnya yang sombong makanya doi ga maw manusia di sembah walau diperintah oleh Tuhan sendiri. tapi karena doi menantang perintahNya makanya doi di keluarkan dari surga. makanya doi bersumpah tidak akan biarkan dia sendiri yang kekal di neraka. tapi mw mengajak manusia ke dalamnya. eh, ternyata disetujui oleh Tuhan Choy… makanya sekarang kita berlomba lomba jangan sampai ngikut doi setan ini choy.
    maybe, salah satu cobaanya setan nih….dia bikin cerita untuk mengklaim 1 golongan umat manusia yang neto neto masuk neraka bersamanya….
    GOLONGAN YANG MANA TUUUUUUUHHHH…
    ga taw deh…..
    hehehehe,.,,,,,

  76. intospeksi said,

    choy…Isa Al masih as aja tidak mengaku Tuhan…
    cuman sohib2nya aja yang menganggap dia Tuhan
    itu pun setelah beliau as lama meninggal.
    mungkin aja yesus tuh yang yudas
    mungkin aja kali ya…
    ga tw deh….

  77. intospeksi said,

    ga percya,,,,
    liat aja di Alkitab
    ga ada tuh pernyataan yesus tuh tuhan.
    gw nyariin ga ada sama sx
    kenapa yah
    apa ku harus introspeksi ya?

  78. yesalover said,

    Hm, ndak usah debat dulu….coba tonton film tentang realitas ttg Yesus
    di sini atau pendapat ahli mengenai kuburan Yesus beserta kontroversinya yang saya ambil dari Discovery Channel di sini

  79. yesalover said,

    Hm, ndak usah debat dulu….coba tonton film tentang realitas ttg Yesus
    di sini atau pendapat ahli mengenai kuburan Yesus beserta kontroversinya yang saya ambil dari Discovery Channel di sini

    Best Regards

  80. lorenso said,

    saya teramat yakin kalau tulang belulang itu bukan punya Yesus Kristus,
    saya gak mau tahu itu tulangnya yesus yang mana yg paling penting buat saya adalah Yesus Kristus sudah naik kesurga dan dia tidak meninggalkan tulang belulang di bumi,
    dan kita lihat nanti pas waktu hari penghakiman.
    Sudah pasti Yesus lah sebagai hakim yang adil, dikitap alquran pun disebutkan kalau Isa almasih akan datang kembali dan akan menjadi hakim yang adil
    “secara logika siapa sih yang berhak menghakimin manusia kalau penciptanya sendiri”
    Yesus tetap Tuhan dan juruselamat manusia.
    Tidak ada seorang pun yang akan masuk kedalam kerajaan surga kalau tidak melalui Yesus Kristus amin.

  81. lorenso said,

    saya teramat yakin kalau tulang belulang itu bukan punya Yesus Kristus,
    saya gak mau tahu itu tulangnya yesus yang mana yg paling penting buat saya adalah Yesus Kristus sudah naik kesurga dan dia tidak meninggalkan tulang belulang di bumi,
    dan kita lihat nanti pas waktu hari penghakiman.
    Sudah pasti Yesus lah sebagai hakim yang adil, dikitap alquran pun disebutkan kalau Isa almasih akan datang kembali dan akan menjadi hakim yang adil
    “secara logika siapa sih yang berhak menghakimin manusia kalau bukan penciptanya ”
    Yesus tetap Tuhan dan juruselamat manusia.
    Tidak ada seorang pun yang akan masuk kedalam kerajaan surga kalau tidak melalui Yesus Kristus amin.

  82. lorenso said,

    gak usah didebatkan masalah ini, otak manusia itu sebesar bakpau doang mana bisa nangkap pikiran Tuhan, rencana Tuhan dah pasti indah buat umatnya,
    percaya saja Yesus adalah Allah dan Tuhan serta juruselamat manusia titik
    terlalu banyak para ulamah yang

  83. lorenso said,

  84. fraust roth said,

    doesn’t matter for me, i’m an agnostic aniway

  85. r0nald said,

    wuah beragam skaleee komentar kawan2!!!
    yang perlu diimani : Yesus sudah mati bagi dosa manusia, dan telah bangkit plus naik ke Sorga!!! siapa percaya akan diselamatkan tapi klo tidak percaya pasti ke NERAKA!
    LIHAT SAJA, TUHAN AKAN MENYELAMATKAN KAMI YANG PERCAYA PADANYA,
    yang pastinya untuk si yesalover dan ahli surga itu, jangan terlalu Pede, bertobatlah sebelum waktunya tiba untuk kalian tidak bisa bertobat lagi. Amin.

  86. jesus love us!!!!! said,

    berwaspadala dgn tipu muslihat iblis..tetapla percaya dan bertekun dalam doa yg sungguh2…Tuhan Yesus akan datang membawa kita naik ke Syurga..Amen..

  87. Leo Mp Sitohank said,

    Banyak kata tuk menggambarkan Yesus, tp akan terbukti pada saat dia turun kembali

  88. Chuekz said,

    ISLAM DAN KRISTEN tidak ada hubungan Benang merah yg brkait jd tidak usah sling mengkritik…

    YG ISLAM JGN SOK BENAR..APA HUBUNGAN ANDA DGN KRISTEN ?
    TIDAK ADA YG BRKAIT DLAM AGAMA ISLAM DAN KRISTEN,JD JGN MENCOBA MEMANDANG DGN KEISLAMAN ANDA?

    LUCU SKALI MELIHAT TULISAN2 ANDA YG MENCOBA MENCRI2 KAITAN DGN KRISTEN..

    allah dlm alquran BUKAN ALLAH dlm Kekristenan

    nabi isa dlm alquran BUKAN YESUS dlm kekristenan..

    JADI KITA TDK ADA HUBUNGAN APAPUN..!!

    BAGIMU AGAMA MU,BAGIKU AGAMA KU..!!!

  89. mau tanya said,

    saya mau tanya adakah dalam kitab kalian bahwa agama kalian disebut kristen? perasaan yesus ga ada nyebutin kristen. kristen kan disebutkan oleh pengikutnya karena katanya yesus disalib. jadi agamanya disebutkan agama salib. gimana kalau yesus dipancung ya? (maaf cuma tanya). lambangnya jadi apa ya? kitab kalian ada perjanjian lama dan baru. diperjanjian lama sebagian besar perkataan tuhan sedangkan perjanjian baru kebanyakan perkataan manusia termasuk teori plato bahwa bumi data yang akhirnya dijadikan dasar untuk menghukum mati galileo. jadi heran kenapa kitab tuhan dicampur dengan perkataan manusia yang disesuaikan dengan kebutuhan ya? sekali lagi cuma tanya. mohon dijawab ya…… sorry

  90. Anak Yesus said,

    Bagaimana kita meresponi isu di atas? Pertama-tama kita perlu menyelidiki terlebih dahulu
    apakah nama-nama yang ditemukan benar-benar berasal dari keluarga Yesus di dalam
    Alkitab. Kita perlu memahami bahwa nama-nama yang ada dalam inskripsi di Talpiyot
    adalah nama yang sangat umum sekali. Stephen Pfann, rektor Universitas Holy Land di
    Yerusalem, menunjukkan 16 nama paling umum yang ditemukan di semua osuarium Yahudi.
    Di antara 16 nama ini terdapat nama Maria, Yusuf, Yesus, Matius, Yudas. Richard
    Bauckham, profesor di Universitas St. Andrews, menyelidiki nama-nama yang umum dipakai
    oleh orang Yahudi di Palestina maupun nama-nama yang umum ditemukan di inskripsi
    osuarium. Dari total 2625 laki-laki dan 328 wanita yang ada, nama-nama yang paling sering
    dipakai secara umum maupun yang muncul dalam inskripsi osuarium adalah sebagai berikut:
    4/7
    Pria —- total 2625 orang
    Nama Yang dipakai secara umum Yang ditemukan di osuarium
    Simon/Simeon 243 59
    Yusuf 218 45
    Eleazar 166 29
    Yehuda 164 44
    Yohanes/Yokhanan 122 25
    Yesus 99 22
    Hananiah 82 18
    Yonatan 71 14
    Matius 62 17
    Manaen/Menahem 42 4
    Wanita —– total 328 orang
    Maria/Mariamne 70 42
    Salome 58 41
    Shelamzion 24 19
    Marta 20 17
    Dari tabel di atas terlihat bahwa kemungkinan ditemukannya sebuah keluarga dengan namanama
    di atas adalah sangat besar. Dengan kata lain, sekalipun rekonstruksi nama-nama pada
    inskripsi osuarium Talpiyot memang tepat, hal itu tetap tidak membuktikan bahwa kubur itu
    adalah milik Tuhan Yesus. Ada kemungkinan kubur itu adalah milik Yesus yang lain.
    Bagaimana dengan perhitungan statistik yang dilakukan oleh Andrey Feuerverger? Bukankah
    hasilnya (600:1) cukup akurat dan meyakinkan bahwa osuarium di Talpiyot adalah kubur
    Tuhan Yesus dan bukan Yesus yang lain? Ternyata statistik yang diberikan tidak mengarah
    ke konklusi seperti itu. Feuerverger sendiri menyatakan secara eksplisit bahwa hasil statistik
    itu tidak bisa dipakai untuk membuktikan apakah kubur itu adalah kubur Tuhan Yesus atau
    tidak (http://magicstatistics.com/2007/03/05/jesus-tomb-statistician-backtracks-from-original-claim/). Berikut ini
    adalah beberapa faktor yang membuat statistik Feuerverger tidak terlalu akurat dan istimewa:
    1. Penyelidikan didasarkan pada beberapa asumsi yang belum dibuktikan kebenarannya,
    antara lain: nama “Maria” yang ditemukan dalam salah satu osuarium tetapi berlainan peti
    adalah Maria ibu Yesus, Mariamne adalah Maria Magdalena istri Yesus dan Yose adalah
    Yoses saudara Yesus.
    2. Jangkauan penyelidikan hanyalah 1000 kubur yang ditemukan di Yerusalem (bukan
    semua penduduk di sana).
    Sehubungan dengan asumsi pertama di atas, kita perlu melihat keganjilan penempatan tulangtulang
    Maria ibu Yesus. Seandainya Maria yang ditemukan di osuari lain adalah ibu Yesus,
    kita perlu bertanya mengapa tulangnya harus dipisahkan? Mengapa justru nama-nama lain
    yang tidak terlalu jelas dan tidak terlalu dekat dengan Yesus yang justru dikumpulkan
    bersama-sama? Tentang pengidentifikasian Mariamne sebagai Maria Magdalena, kita harus
    menyatakan bahwa pendapat ini hanya didasarkan pada pemunculan nama itu di kitab nonkanonik
    (The Acts of Philip). Penyelidikan arkheologis yang lebih teliti justru menunjukkan
    bahwa inskripsi itu sebenarnya bertuliskan “Mariamne kai Mara” (Mariamne dan Mara –
    nama lain dari Marta), bukan “Mariamne Sang Guru/Tuan”. Menurut Pfann, jenis tulisan
    yang dipakai untuk kata “Mariamne” dan “kai Mara” berbeda. Dari perbedaan jenis tulisan
    5/7
    tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa yang meninggal mula-mula adalah Mariame;
    setelah itu ada lagi anggota keluarga lain yang meninggal dan tulangnya dikumpulkan
    bersama, yaitu “Mara”, sehingga orang lain memberi tambahan “kai Mara” (dan Mara).
    Seandainya Mariamne di sini adalah Maria Magdalena, mengapa penulis inskripsi tersebut
    tidak memakai nama “Maria Magdalena” yang lebih umum (11x dalam Alkitab)? Pemakaian
    nama Hellenis “Mariamne” untuk “Maria” juga tampak janggal. Nama Hellenis biasanya
    hanya dipakai oleh mereka yang tinggal di kota Hellenis atau berasal dari kalangan menengah
    ke atas, sedangkan Maria berasal dari kota kecil Yahudi yang bernama Magdala dan
    kemungkinan ia hanyalah dari keluarga nelayan biasa.
    Asumsi kedua – yaitu kubur keluarga Yesus ada di Yerusalem – juga tidak dapat
    dipertahankan. Osuarium hanya dipakai dalam kuburan orang kaya yang berupa bukit batu
    yang dipahat. Keluarga Yesus terlalu miskin untuk memiliki kubur sebagus yang ditemukan
    di Talpiyot (band. Luk 2:24 dan Im 12:8). Seandainya keluarga Yesus memiliki kubur di
    Yerusalem, mengapa Yusuf Arimatea perlu meminjamkan kuburan keluarganya (sesuatu
    yang tidak lazim dilakukan karena Yesus bukan anggota keluarganya)? Selain itu, nenek
    moyang Yesus berasal dari Betlehem (Luk 2:4) dan hidup di Galilea (Nazaret, Mat 2:23;
    21:11; 26:71). Mengapa keluarga Yesus memutuskan untuk memiliki kubur di Yerusalem?
    Hal berikutnya yang perlu diselidiki adalah hubungan antara osuarium Yakobus dan
    osuarium di Talpiyot. Seandainya osuarium Yakobus memang adalah osuarium ke-10 yang
    dulu ada di Talpiyot, maka hal itu akan menguatkan dugaan bahwa osuarium-osuarium di
    Talpiyot memang merupakan kuburan keluarga Yesus. Para arkheolog dan teolog biblika
    umumnya menolak keterkaitan antara osuarium Yakobus dan Talpiyot dengan alasan:
    1. Osuarium Yakobus berasal dari daerah Silwan dan debu-debu dalam osuarium itu sesuai
    dengan keadaan tanah di tempat osuarium itu ditemukan (Ben Witherington III).
    2. Eusebius, sejarahwan Kristen abad ke-4 M, mencatat bahwa tanda kuburan Yakobus
    terletak dekat dengan Lembah Kidron, sedangkan Talpiyot – seandainya osuarium
    Yakobus benar dicuri dari sana – letaknya jauh dari rujukan historis yang diberikan
    Eusebius (Witherington III).
    3. Amos Kloner yang sempat melihat dan mengabadikan osuarium Talpiyot yang hilang
    memberikan bukti penolakan yang otentik. Menurut dia, osuarium yang hilang tidak
    memiliki ciri apapun, sedangkan osuarium Yakobus memiliki inskripsi nama Yakobus
    dan sebuah ornamen.
    4. Kesamaan usia mineral patina pada osuarium Yakobus dengan 10 osuarium Talpiyot
    ternyata hanya interpretasi Jacobovici dan Cameron dan tidak sesuai dengan pandangan
    ahli yang mengujinya. Dalam sebuah perdebatan yang dimoderatori oleh Ted Koppel
    (The Lost Tomb of Jesus – A Critical Look), Koppel menunjukkan bantahan tertulis dari
    Direktur Laboratorium Kriminal Suffolk. Pihak Suffolk menjelaskan kalau dia tidak
    menyatakan bahwa ujian patina osuarium Yakobus dan Talpiyot menunjukkan kesamaan.
    Dia juga menadaskan kalau diperlukan penyelidikan-penyelidikan lanjutan untuk
    membuktikan kesamaan tersebut.
    5. Amos Kloner (penemua osuarium) dan Joe Zias (kepala museum Rockerfeller yang
    melakukan katalogisasi osuarium) menunjukkan perbedaan ukuran antara osuarium
    Yakobus dan osuarium Talpiyot.
    Semua data di atas sangat kuat untuk menolak keterkaitan antara osuarium Yakobus dan
    Talpiyot. Kesamaan ukuran ousarium dan usia patina yang dikemukakan terbukti tidak
    akurat. Bahkan seandainya pun dua kesamaan itu memang benar, hal itu tetap tidak
    6/7
    membuktikan kalau osuarium Yakobus berasal dari Talpiyot. Dua kesamaan itu hanya
    menunjukkan bahwa osuarium-osuarium tersebut sama-sama berasal dari abad ke-1 M dan
    orang-orang pada waktu itu memang terbiasa membuat osuarium dengan ukuran yang hampir
    sama. Tidak ada yang istimewa dari kesamaan itu, apalagi kesamaan itu ternyata hanyalah
    manipulasi dari Jacobovici dan Cameron.
    Bagian terakhir yang akan kita analisa adalah hasil pengujian DNA atas tulang Yesus dan
    Mariamne. Mereka yang menyetujui rekonstruksi dalam The Lost Tomb of Jesus melihat hasil
    pengujian DNA yang dilakukan sebagai sesuatu yang konklusif, padahal kenyataannya tidak
    seperti itu. Dalam perdebatan The Lost Tomb of Jesus – A Critical Look Ted Koppel juga
    menunjukkan bantahan dari arkheolog forensik yang selama ini dianggap mendukung
    pandangan Jacobovici dan Cameron. Ia menjelaskan bahwa ia tidak mengambil konklusi apaapa
    dari pengujian yang dia lakukan. Dia tidak menyatakan bahwa Yesus dan Mariamne
    adalah suami-istri. Jacobovici dan Cameronlah yang mengambil konklusi seperti itu.
    Ketidakadaan hubungan genetis dari pihak ibu antara Yesus dan Mariamne sebenarnya bisa
    dijelaskan dalam banyak cara, misalnya keduanya mungkin sepupu, saudara tiri atau relasi
    lain yang tidak menyangkut hubungan dari pihak ibu.
    Hal lain yang perlu diketahui sehubungan dengan pengujian DNA ini adalah tidak adanya tes
    radiokarbon terhadap tulang-tulang itu untuk menunjukkan apakah keduanya berasal dari
    jaman yang sama. Selain itu, sampai sekarang tidak ada pengujian (atau mungkin tidak ada
    laporan) terhadap puluhan tulang yang lain untuk melihat apakah ada relasi kekerabatan
    dengan yang lainnya.
    Osuarium Talpiyot bukanlah kubur Yesus
    Setelah memberikan sanggahan terhadap argumen yang diberikan pihak pengikut The Lost
    Tomb of Jesus, saya sekarang akan memaparkan beberapa data yang melemahkan pandangan
    tersebut. Pertama, data tertulis kuno terlengkap tentang penguburan Yesus terdapat dalam
    kitab-kitab injil kanonik. Setiap data lain yang ada harus diuji dan dibandingkan tingkat
    kredibilitasnya dengan kitab injil kanonik. Melihat singkatnya rujukan dan kompleksnya
    problem yang berkaitan dengan penemuan osuarium di Talpiyot, jelas catatan kitab injil lebih
    bisa dipercaya. Identifikasi “Mariamne” sebagai “Maria Magdalena” yang didasarkan pada
    kitab non-kanonik abad ke-3 atau ke-4 juga menunjukkan betapa lemahnya kredibilitas
    historis sumber tersebut dibandingkan kitab injil kanonik yang ditulis sekitar 30-50 setelah
    kematian Yesus.
    Kedua, berdasarkan penelitian L. Y. Rahmani (seorang arkheolog Israel) terhadap semua
    osuarium yang ditemukan di Yerusalem, osuarium milik orang dari luar Yerusalem biasanya
    mencantumkan daerah asal pada nama-nama diinskripsinya. Seandainya osuarium Talpiyot
    memang milik keluarga Yesus yang berasal dari luar Yerusalem, maka kita berharap dalam
    inskripsi tersebut akan ada tambahan “Yusuf [dari] Betlehem, Yesus [dari] Nazaret, Maria
    [dari] Magdalena, dsb”.
    Ketiga, tidak ada indikasi Kristen sama sekali dalam osuarium Talpiyot. Seandainya ini
    benar-benar kubur keluarga Yesus, maka kita berharap menemukan simbol-simbol
    kekristenan di sana atau tradisi tentang para peziarah pada masa-masa awal atau pendirian
    gereja di dekatnya. Semua ini ternyata tidak ada. Mereka yang setuju dengan The Lost Tomb
    of Jesus biasanya menganggap simbol chevron (huruf V terbalik yang di bawahnya ada
    7/7
    lingkaran) sebagai simbol Kristiani, tetapi dugaan ini pasti salah, karena hampir semua
    osuarium Yahudi memiliki tanda ini.
    Keempat, tidak ada kata-kata pengagungan dalam inskripsi di Talpiyot. Seandainya Yesus
    memang begitu dihormati oleh kelurrga dan para pengikut-Nya, maka kita berharap ada
    kalimat-kalimat positif atau gelar-gelar tertentu yang akan diberikan kepada Yesus.
    Kenyataannya, cara penulisan dan isi tulisan di inskripsi itu merupakan cara yang biasa.
    Kelima, seandainya mayat Yesus dipindahkan oleh murid-murid-Nya dari kuburan Yusuf
    Arimatea ke kuburan keluarga di Talpiyot, kita bisa mengasumsikan bahwa tindakan ini
    PASTI diketahui oleh keluarga dan para pengikut-Nya. Jika ini benar, maka mereka semua
    mengetahui kalau Yesus tidak bangkit dari kematian. Jika faktanya memang seperti ini, kita
    akan sangat heran mengapa mereka bisa menjadi begitu berani setelah mengetahui Yesus
    tidak bangkit. Bukankah mereka seharusnya langsung meninggalkan Yesus karena janji-Nya
    tidak dipenuhi? Lebih jauh, mengapa anggota keluarga Yesus dan para rasul mau mati demi
    memberitakan Yesus yang bangkit? Seandainya Yesus tidak bangkit, bukankah mereka
    adalah (maaf) orang-orang tolol yang mau mati demi sebuah kebohongan? #

  91. Dearni Elisa said,

    Yesus itu udah jelas2 bangkit……….!!!!!!
    jadi gk mungkint Dia ninggalin tulang belulangNYA……..!!!!!
    Ini kabar yang dapat MENYESATKAN!!!!!!!!!!!
    TAOBATTT EuY!!!!!!!!!!!!!……..

  92. Wyze said,

    Lakum dinukum waliyadien.

    “Bagi mu agama mu dan Bagi ku agama ku”
    jangan kita dibuat pusing dengan agama orang lain,
    klo saya pemeluk Islam yg taat, maka saya akan Hablum Minannas & Habblum Minalloh, ibadah kepada Allah SWT & berbuat amal kebaikan kepada manusia, alam sekitar.

    jika anda pemeluk Kristen yg taat, lakukan apa yg anda anggap benar, & buatlah amal kebaikan pada manusia & alam sekitar.

    masalah perkara ibadah anda & ibadah saya adalah masing2. I don’t care. I don’t care about your faith, but i care my faith & believe. Allah SWT is The Lord Master of creator, berbeda dari segala apapun yg ada dibenak (pikiran) & imaginasi manusia.

  93. Wyze said,

    Jika ada salah satu perkara yg buruk yg muncul & bertentangan dgn norma dalam masyarakat, hukum negara indonesia akan mengikat anda.

    sesungguhnya ada benang merah antara Yahudi-Kristen-Islam namun banyak manusia yg menutup mata. mengapa agama islam tidak memakai “Muhammad” sbagai nama agamanya? Yahudi berasal dari Yahuda->Judas salah satu anak dari saudara Joseph , Kristen berasal dari kata Kristus, Islam berasal dari kata AsLaMa (“S”-“L”-“M”)–> Shalom — Salaam http://en.wikipedia.org/wiki/Shalom.
    yg berarti kedamaian, keselamatan.

    Tahukah anda silsilah Rasul dimana 50% rasul membawa zabur sbg kitab, 40% membawa Taurat (perjanjian lama), 5% rasul membawa bible, 5% membawa Qur’an.

    tahukan anda bangsa terpilih Israel (yahudi) >90% rasul & nabi berasal dari bangsa israel, & tidak terima bahwa ada anak abraham yg pertama dari istri keduanya Ismael dimana keturunannya hanya menjadi Rasul penutup. dan Istri Abraham yg lain “Sarah” tidak bisa memiliki keturunan hingga masa-masa tuanya melahirkan Ishaq yang menurunkan ratusan nabi dari anak keturunannya.

    Abraham memiliki dua orang anak yg kelak menjadi rumpun agama langit yg terus berseteru hingga akhir zaman dimana ada rasa gengsi & fanatik bahwa “Darah Murni” israel harus dicemarkan dengan “Mud-Blood” Muhammad sebagai Rasul terakhir.

    itulah yg menjadi pertikaian hingga kini.
    itulah fanatisme yg dibawa agama2 sebelum islam, sehingga Rasul terakhir mendapatkan bisikan Allah SWT melalui Gabriel alias Ruhul Kudus, “Lakum Dinukum Waliyadieen” agar mengurangi pertikaian di negeri yg majority muslim.

    untuk kita yg tinggal diindonesia, agar selalu menjunjung tinggi perdamaian. jangan menyebarkan agama kepada orang yg sudah beragama. itulah kurang lebih agar kita lebih bijak menyikapi kondisi sekarang.

  94. Wyze said,

  95. Anak Bapa said,

    Salam Damai Sejahtera

    Mungkin saja itu kuburan yesus…mari kita berfikir:
    jika yesus mati ditiang salib dan kembali hidup dihari ke-3 lalu diangkat kesurga,maka yerusalem tidak akan pernah berdiri/ada…didalam Alkitab banyak yang menceritakan tentang kehancuran yerusalem ini berarti yesus telah berhasil mendirikan kerajaan Allah dengan pusat pemerintahannya di yerusalem/palestina…
    Begitu juga didalam Al Qur’an dalam surat 61 ayat 9 yang menyatakan bahwa diutusnya seorang utusan Allah untuk memenangkan agamanya..jika isa/yesus tidak berhasil memenangkan agama Allah maka isa/yesus adalah nabi palsu dan begitu juga dengan muhammad.

  96. Anak Bapa said,

    Salam Damai Sejahtera

    MELURUSKAN PEMAHAMAN TRINITAS TUHAN

    Kaum misionaris Kristen senantiasa mengajarkan bahwa Tuhan itu terdiri atas tiga pribadi dalam satu substansi atau yang lebih dikenal dengan istilah Trinitas atau Tritunggal (Bapa, Anak/Yesus, dan Ruh Kudus). Dari manakah dasar ajaran dan keyakinan ini? Adakah tertulis dalam Alkitab/Bibel?

    Pada bagian ini kita akan mencermati apa yang dikatakan Alkitab tentang konsep ketuhanan. Tentu saja dalam pembahasan ini kita harus memisahkan antara ajaran (Doktrin) dan keyakinan tentang Trinitas dengan apa saja yang dikatakan Alkitab tentang konsep ketuhanan .

    1. Bapa/Allah. Perjanjian Lama secara tegas menyatakan bahwa tidak ada tuhan-tuhan lain bagi umat Israel kecuali Allah. Akulah Tuhanmu, yang telah membebaskanmu dari negeri Mesir, keluar dari tempat perbudakan; engkau tidak ada memiliki tuhan-tuhan lain selain Aku. (Keluaran 20:2-3 – al. Douay-Rheims Bible 1582 M & King James Version 1611 M) Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa Tuhanlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia. (Ulangan 4:35) Bahkan, dalam Perjanjian Baru, Yesus sendiri menyatakan secara tegas bahwa Tuhan itu hanyalah Allah saja. Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. (Markus 12:29) Jawab Yesus: “Mengapa engkau memanggilku Guru yang baik? Hanya Satu yang baik, yaitu Allah. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah-Nya. (Matius 19:17 – al. Douay-Rheims Bible 1582 M & King James Version 1611 M). inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. (Yohanes 17:3). Konsep ketuhanan dan keesaan Allah ini sangat jelas dikatakan oleh Alkitab.

    Dari sudut pandang berbeda, haruslah bijak dalam memahami konsep trinitas tersebut. Kata Bapak sebagai ganti Allah merupakan Amsal (Perumpamaan) dimana butuh pentafsiran yang mendalam agar kita memahami hakikat dari kata-kata/kalimat itu . Penggunaan kata Allah kepada Bapak dikarenakan sebagaimana fungsi Bapak. Dalam sebuah kehidupan rumah tangga, yaitu sebagai pemimpin dari sebuah komunitas dalam rumah tangga, sebagai pengayom, Pembina, pelindung, pendidik, pengatur, pemelihara. Karena masalah fungsi itulah penggantian kata Allah ke Bapak dipergunakan. Bukan berarti ketika ada kata bapak menjadi subtansi yang berbeda ketika memahaminya sebagai mana mayoritas kaum Kristen sekarang ini.

    2. Anak Allah. Frasa “anak Allah” banyak ditemukan dalam Alkitab. Namun demikian, Alkitab tidak pernah menyatakan bahwa “anak Allah”, siapa pun dia, memiliki kesetaraan dengan Allah. Tampaknya, Alkitab hanya ingin menggambarkan bahwa siapa saja yang memiliki hubungan kedekatan secara spiritual dengan Allah dianugerahi gelar sebagai “anak Allah”. Simak lah firman Allah berikut ini : Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung; (Keluaran 4:22) Dengan menangis mereka akan datang, dengan hiburan Aku akan membawa mereka; Aku akan memimpin mereka ke sungai-sungai, di jalan yang rata, di mana mereka tidak akan tersandung; sebab Aku telah menjadi Bapa Israel, Efraim adalah anak sulung-Ku. (Yeremia 31:9).
    Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, anak Allah. (Markus 1:1) anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah. (Lukas 3:38) Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. (Matius 5:9) Selain itu, Alkitab juga menggambarkan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan kedekatan secara sepiritual dengan Allah dianggap menjadi satu kesatuan dengan Allah. Yesus berkata: Bapaku, yang memberikan mereka kepadaku, lebih besar daripada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu. (Yohanes 10:29-30).

    Dan bukan untuk mereka ini saja aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaku oleh pemberitaan mereka, supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam aku dan aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus aku … Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam aku, supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi aku … dan aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepadaku ada di dalam mereka dan aku di dalam mereka. (Yohanes 17:20-21,23,26)

    Singkatnya, Alkitab mengatakan bahwa yang disebut “anak Allah” tidak hanya menunjuk kepada pribadi tertentu, tetapi bahkan meliputi segenap umat dan makhluk tertentu). Sebagian besar umat Kristen menuhankan Yesus bersandarkan pada ayat berikut: Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibunya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Ruh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami istri. (Matius 1:18)Umat Kristen berkeyakinan bahwa Ruh Kudus adalah Ruh Allah atau Allah sendiri, karenanya, bisa dipahami bahwa Yesus merupakan pengejawantahan dari Ruh Kudus atau Allah.

    Namun demikian, Alkitab mencatat tentang peristiwa kelahiran Yohanes Pembaptis (Nabi Yahya) yang tidak kalah ajaibnya dibandingkan dengan peristiwa kelahiran Yesus dari perawan Maria. Konon, Yohanes Pembaptis lahir dari seorang perempuan mandul yang sudah tua bangka, namanya Elisabet, istri Nabi Zakharia. Peristiwa kehamilan Elisabet ini, dijelaskan dalam Alkitab, tidak terlepas dari bantuan penuh Ruh Kudus. Konon, Yohanes Pembaptis diperkuat oleh Ruh Kudus mulai dari rahim ibunya. Berikut petikan ayat-ayatnya: Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Istrinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet … Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya … Tetapi malaikat (Gabriel/Jibril) itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, istrimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes … Sebab ia (Yohanes) akan besar di hadapan Tu[h]an dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Ruh Kudus mulai dari rahim ibunya … Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Ruh Kudus. (Lukas 1:5,7,13,15,41). Jika kita mau konsisten, maka kisah kelahiran Yohanes Pembaptis di atas tidak kalah ajaibnya dengan kisah kelahiran Yesus menurut Alkitab. Keduanya, memiliki kualifikasi yang sama, yakni sama-sama berkat campur tangan langsung Ruh Kudus. Bedanya, jika Yesus lahir dari seorang perawan muda, maka Yohanes Pembaptis lahir dari seorang perempuan mandul yang sudah tua bangka. Keduanya tidak mungkin lahir tanpa bantuan langsung Ruh Kudus. Jika Yesus dianggap Tuhan karena kejadiannya oleh sebab campur tangan langsung Ruh Kudus, maka, mengapa umat Kristen tidak menuhankan Yohanes Pembaptis, yang juga kejadiannya oleh sebab campur tangan langsung Ruh Kudus?

    Dari uraian tersebut diatas tak henti-hentinya penulis mengajak saudara-saudara bersikap bijaksana dan penuh hikmah dalam memahami istilah “Anak Allah”. Anak adalah buah dari persetubuan seorang laki-laki dan perempuan, dalam prosesnya pembentukanya Sperma bertemu dengan indung telur lalu terjadilah pembuahan (Alqoh), Kemudian menjadi mudgoh (Organ yang lunak yang menempel didinding rahim) Lalu berproses menjadi Izoman (Organ lunak yang menempel berproses menjadi rangka /Tulang) Kemudian dibalut dengan daging (Lahman), pada saat waktunya ia akan menjadi makhluk lain yakni yang lahir menjadi bayi. (Manusia). Qs: 23/12-14.

    Dalam perkembanganya Manusia yang baru lahir tak lepas dari campur tangan orang tua, orang tuanya yang mendidik, mengayomi, melindungi, memelihara dan menjadi pengaturnya sehingga orang tua fungsi sebagai ROB pada waktu itu. Hingga Anak mencapai usia 6 sampai 14 tahun mulailah fungsi orang tua sebagai rob mulai beralih, bisa dilihat pada usia itu anak mulai membangkang dan melawan orang tuanya, seiring perkembangan kemajuan pencarian jadi dirinya, bahwa fungsi orang tua sebagai rob harus beralih kepada fungi Allah sebagai robnya manusia, tentunya ketika sang anak sudah mulai mengedepankan qolbunya untuk berfikir tentang mana haq dan bathil.

    Kata “Anak Allah” adalah Amsal / perumpamaan, bahwa seorang anak sudah sepatut dan selazimnya selalu mentaati orangtuanya. Yang dalam hal ini Orang tuanya adalah Allah. Jadi pengenaan dan penggunaan Kata “Anak Allah” adalah kepada manusia, yang dibawah bimbingan, aturan, pemeliharaan, kepemimpinan Allah.

    Persepsi akan berubah manakala Penggunaan kata “Anak Allah” yaitu anak Biologis (Bukan Anak ruh). Karena hal tersbut akan melanggar hukumya (Firman) sendiri ketika Allah sebagi Al-Kholik (Pencipta) sama dengan ciptaan-Nya (Makhluk) Qs: 16/17. Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa) ?. Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran.

    3. Ruh Kudus.. Simak ayat berikut: Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Ruh Allah melayang-layang di atas permukaan air. (Kejadian 1:2). Ruh Allah sebagaimana tersebut dalam ayat di atas (Perjanjian Lama) bermakna Allah sendiri. Demikian juga dengan ruh Allah sebagaimana tersebut dalam pesan Yesaya berikut ini: Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh ruh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. (Yesaya 42:1). Ruh Allah dalam pesan Yesaya di atas bermakna ruh ciptaan Allah. Allah telah menentukan “orang pilihan”-Nya dengan memberikan ruh kepadanya. Makhluk hidup seperti malaikat, jin, manusia, dan binatang semuanya memiliki ruh yang diciptakan oleh Allah. Namun demikian, hanya tertentu saja dari mereka yang menjadi “orang pilihan”-Nya. Berkenaan dengan pesan Yesaya di atas, Perjanjian Baru secara khusus menyebut istilah ruh Allah berikut ini: Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan ia melihat ruh Allah seperti burung merpati turun ke atasnya, lalu terdengarlah suara dari langit yang mengatakan: “Inilah anak-Ku yang Kukasihi, kepadanyalah Aku berkenan.” (Matius 3:16-17) Ayat Matius tersebut sebenarnya merupakan pesan dari Yesaya di atas. Perjanjian Lama Bahkan, dalam Perjanjian Baru sendiri, dengan mengkontraskan Matius 1:18 dan Lukas 1:26-27 dapat diidentifikasi bahwa Ruh Kudus sebenarnya adalah malaikat Gabriel/Jibril.

    Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Ruh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Matius 1:18) Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. (Lukas 1:26-27) Ringkasnya, identifikasi yang paling mungkin atau bahkan paling tepat tentang pribadi Ruh Kudus adalah malaikat Gabriel. Malaikat Gabriel adalah malaikat yang mempunyai tugas sebagai penyampai wahyu/ilham/pesan dari Allah kepada orang-orang tertentu yang menjadi pilihan Allah di muka bumi. Sebagai mana Al-Quran berkata : Qs: 26 / 192-194. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan,

    Dalam hal ini perlu dijelaskan ketika malaikat Gabriel/Jibril menghampiri Maria, dengan menjanjikan Ruh Kudus:Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya: “Ruh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, anak Allah. (Lukas 1:34-35).

    Masalah perdebatan tentang Ruh sudah ada dari dulu sebagaimana Al-Quran Surat 17 (Al-Isro) Ayat 85 mengatakan : Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk printah (Urusan) Tu[h]an-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” Dari firman Allah diatas “Mereka bertanya tentang RUH” siapa yang bertanya waktu itu kepada Muhammad??? Yaitu para Ahli kitab yahudi dan nasrani karena meraka (Ahli kitab) sudah tidak memahami istilah ruh, istilah RUH berubah menjadi ROH yang dipersepsikan sebagai NYAWA yang menghidupkan orang. Ketika itu Allah memerintahkan kepada Muhammad, Jawablah!!!…. Bahwa Ruh itu adalah PERINTAH Rob Ku. Di ayat lain Qs: 42/52 Allah berkata : Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan PERINTAH Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.

    Bila kita Fahami Ruhul Kudus adalah dua kata yang digabung menjadi satu yakni Ruh Dan Kudus, sebagaimana pembahasan diatas Ruh adalah perintah /Wahyu sedangkan Kuddus adalah suci. Jadi Ruhul Quddus bermakna adalah perintah Suci yaitu perintah-perintah atau aturan-aturan Allah yang suci. Yang termaktub dalam kitab-kitab Allah baik yang tersirat maupun yang tersurat dengan kata lain Ruhul Quddus itu adalah wahyu yang menghidupkan manusia dengan perintah-perintah-Nya.

    Kesimpulan:
    Trinitas yang dalam istilahnya adalah Mabadi Tsalasa (Tiga Keterkaitan) adalah Ajaran Allah yang Hak, bila kita memahaminya Sebagai berikut: Ketika Ada seorang manusia yang tingkah laku, perbuatan dan ucapanya sesuai dengan Firman-Firman Allah/Ruhulloh (Dengan kata lain kesurupan Allah), Berarti ia adalah Firman Allah yang menjelma menjadi manusia, (Allah yang bermanunggaling/menjadi satu dengan manusian), (Hakikat Bapak (Allah) & Ruhul Quddus). Dan didalam hidupnya Ia selalu dipimpin Oleh Bapak ( Allah), berdasarkan perintah Bapak (Allah) (itulah Hakikat Anak Allah). Anak ruh, bukan anak biologis. Sebagai mana Ucapan Syaikh Siti Jenar “ Manunggaling kawula gusti Allah” Ketika manunggalnya /Bersatunya Allah dengan Manusia Ia adalah Allah yang turun ke bumi menjelma menjadi manusia, kemudian ia bisa berkata “Ana Al-Haq” (Akulah yang haq ).

    PUJI ALLAH

  97. darah yesus said,

    sabarlah kalian orang kristen…….

    karena kita sudah ditakdirkan untuk turut menanggung SALIB YESUS…..

    jadi…….berbahagialah kalian yg percaya namun tag melihat…….

  98. dikki said,

    Tuhan Yesus adalah Tuhan atas seluruh bumi n segala yg ada di jagad raya neh,,,

    Q prcya itu,krn xmua yg trtulis di Alkitab bner2 terjadi…

    i believe to Jesus,,,,
    because He is the Lord for the world…

    GBU all….

  99. dikki said,

    Tuhan Yesus adalah Tuhan atas seluruh bumi n segala yg ada di jagad raya neh,,,

    Q prcya itu,krn xmua yg trtulis di Alkitab bner2 terjadi…

    i believe to Jesus,,,,
    because He is the Lord of the world…

    GBU all….

  100. landy said,

    Soal tulang yang ditemukan ya wajarlah. Adapun tulang itu tulangnya Yesus atau Ibrahim, atau siapa kek, ya sama saja kan mereka semua itu manusia juga, bukan Tuhan, bukan juga makhluk gaib yang tidak berjazad. Yang aneh kalau ketemu sama tulangnya Tuhan, he..he..he…. aneh-aneh saja.
    Kenapa juga ada manusia dipertuhankan, makanya hal2 yg remeh kayak beginian bikin gempar

  101. Junayrie said,

    Halah Sampai Kiamat Ga bakalan Habis2 nya debat masalah agama

  102. Junayrie said,

    Dari Pada Debat Agama Mendingan Kasih Tau Link Video Mesum Ariel n BCL, Aura Kasih…

  103. sher said,

    pusing liat debatan ini,dasar kita emang manusia msh pada egois,yang terpenting dari semuannya itu telitilah hatimu…sucikah …!!! Karena Tuhan tidak melihat sebagaimana pintar kita adu argumen tapi Dia melihat hati kita,benarkah kita itu umat yg percaya dengan apa yg kita yakini??? Atau masih ada di sana iri,dengki dan hujat karena dari cara kita membawa dirilah terlihat bahwa kita benar2 mencintai Tuhan,dan klo ngomong jangan TAKABUR karena jelas tanpa sadar ato sadar engkau jatuh ke dalam dosa,karena yang maha tau itu cuma Dia yang Agung,jd berhentilah…jgn menjelekken apalagi menghujat agama lain karena itu malah memperburuk citra dari ajaran agamamu…..karena sesungguhnya dasar dari iman yang benar adalah KASIH tanpa itu bullsyiiiit engkau mengaku org yg taat pada Tuhan…THX.

  104. Feber Sormin said,

    he.aha.a.. dari sekian buku saya baca, dari sekian suara saya dengar, dari sekian gerakan yang saya lihat… he.aha.ha.a.. baru setelah membaca komentar2 ini saya membaca ada “AHLI SURGA” he.aha.a.a..a macam2 aja pikiran manusia….. Satu hal: ada hal-hal yang tidak bisa diterima oleh Logika manusia, perbuatan-perbuatan Tuhan Yesus, Perkataanya serta PengajaranNya. Dan semakin kita bertanya, maka semakin hilanglah waktu kita menikmati Alam Raya ini… Hal-hal Discovery ini, sudah berungkali terjadi di Dunia ini, apalagi kalau dihubungkan dengan suatu Film-film yang sedang dibuat. Yang jelas Pencipta Film ini adalah orang yang pintar dalam mencari perhatian untuk Film ini.

    Ingat… Banyak hal yang tidak bisa diterima Logika Manusia atas perbuatan, Perkataan dan pengajaranNya, karena dia adalah Anak Allah…..

    Tidak perlu saling menghujat antara umat beragama, karena Yesus tidak pernah memaksa untuk datang kepadaNya, tapi dia mengajak agar Bagi Orang agar datang Kepadanya…. jadi terserah anda mau menerima atau tidak ajaranNya Yesus….

    Jadi biarkanlah itu semua terjadi….. dalam suatu pemasaran disebutkan, semakin banyak komentar, maka semakin mudahlah menetapkan layak /tidaknya untuk dipasarkan suatu produk……..

  105. filipi 4 : 13 said,

    Dari buahnya (hasilnya) kelihatan pohon itu yang baik. Yesus adalah Pohon Kehidupan, dan ketika saya berdoa dalam iman kepada DIA yg hidup, maka hasil Buah yg Baiklah yang saya dapat. Tuhan Yesus tidak jauh dari kita, Dia hanya sejauh Doa.. jika saudara merasa hampa, tdk ada suka cita, berdoa dengan sungguh kepada Yesus, Yesus akan menolong sdr/i, segala permasalahan anda bawa didalam doa kepada Yesus, percayalah Yesus akan turun tangan menolong anda. Bukan suatu kebetulan ada artikel ini, jadi ada kesempatan buat sdr/i untuk belajar mencari Kebenara Tuhan, Yesus lah jalan dan kebenaran dan hidup. Jgn keraskan hati, segeralah berdoa.. Dari hasil buahnya akan diketahui pohon yang baik.

    Buat sdr/i seiman didalam Kristus Yesus, tetap setia sampai kesudahannya, saling menguatkan didalam Iman percaya kita, bertekunlah didalam doa dan pengharapan. segala cara/rancangan manusia yang mau merampas kebenaran, akan menjadi rancangan indah dibuat Tuhan. Rancangan manusia dengan rancangan Tuhan, antara langit dan bumi.

    Yesus memberkati kita sekalian
    Amin

  106. Faith said,

    yah, kalo memang itu tulang yesus berarti gugur semua kepercayaan kristen. Bagaimanapun juga Yesus adalah Manusia . Tuhan adalah Tuhan. Jangankan membuat Yesus yang tak berbapak,tidak berbapak dan ibu pun Tuhan Mampu menjadikannya.
    Mempercayai kenyataan ini adalah suatu pil sangat pahit bagi yang terlanjur percaya.
    Kalau ditilik kembali, sebenarnya latar belakang yang membuat film dan yang meneliti temuan tesebut apakah seorang kristen atau yahudi?
    kalau dia kristen apakah yg terjadi dengan keimanannya? atau sebaliknya.
    Dan apakah yg terjadi pada anda ?

  107. mashen said,

    kekristenan sebenarnya sgt simple, hanya “Percaya”…..!!!!
    Lu percaya YESUS akan masuk surga, klo gak percaya ya neraka.
    silahkan memilih, gt aja kok repot….!!!

  108. kusumart said,

    PELAJARI LAGI KITAB KALIAN…BUKTIKAN YESUS ADALAH TUHAN, LAHIR PADA TGL 25 DESEMBER,…BUKTIKAN !! bahasa kalian terlalu gaya disini..KL SUDAH MENEMUKAN AYAT ITU KIRIM !! BUKTI DONK!!!………..BUKTIKAN 2 PERTANYAAN SAYA..

  109. kusumart said,

    BUKTIKAN DENGAN AYAT KALIAN !!!! HALAMAN BERAPA?

  110. kusumart said,

    BUKTIKAN DI ALKITAB KALIAN JIKA YESUS PATUT DI SEMBAH LAYAKNYA TUHAN….buktikan donk…kalian agama dengan mayoritas orang2 kaya dan pintar…masa g bisa buktikan Agama Kalian Sendiri..

  111. kusumart said,

    Yesus lahir dalam keadaan suci. DAHULU Orang Kristen sering menyebut berbagai keajaiban yang ditunjukkannya sebagai bukti ketuhanannya. Jelas, dasar pemikiran ini lemah. Di dalam Alkitab dikisahkan penciptaan Adam tanpa ayah dan ibu (Kejadian 2), juga tentang mukjizat Nabi Elisa (2 Raja-raja 4,5,6). Bahkan, Alkitab sendiri menjelaskan bahwa Melkisedek, raja Salem, adalah seorang imam yang tidak berbapak, tidak beribu, tidak bersilsilah, tidak berawal, dan tidak berakhir, karena ia sama dengan anak Allah (Kejadian 14:18; Ibrani 7:3). Meskipun DAHULU ketiga pribadi tersebut secara umum memiliki kualifikasi yang sama dengan Yesus, tidak ada seorang Kristen pun yang menuhankannya.

  112. cris said,

    Nii… dalam kitab injil yg penuh tanda tanya tp tidak disadari… http://yesus.8m.com/perbedaan.htm coba sadari isi kitab yg berbeza2. dibaca donx kitab injil kamu khayati. jngn cuma dengarin pendeta dongeng.dan dengarkan suara hati kecil kamu…? benar apa ngk? pastikan swara hati kecil kamu tentang yesus dan kitab injil peranjian baru.trims

  113. HaHn said,

    Yang haus yang haus………………
    Yang dingin yang dingin yang dingin……………………………….

    Ga capek ya ngomongin agamaaaaaaaaaaaaaaaa mulu?

    Kristen Islam aj dri dulu…
    Mo perang salib lagi ya?

    Klo mo nyari2 kesalahan jadi guru aja gih sono..
    Klo mo ngungkapin pendapat yg ga abis2 blajar jadi juri sono..
    Klo msi mo adu bacot KETEMU REAL AJA..
    Heran deh.. Dmana2 klo masalah agama pasti yg muncul KRISTEN dan ISLAM..
    Koq ga ad yang laen ya? Mpe bosen gw..
    Ad apa sih emang?
    RENUNGIN!!!!
    Kalian menang dpt apa sih?
    AGAMA ITU KOMUNITAS.. YANG TERPENTING IMAN COY!!!
    Tolol banget..
    Gw kristiani.. Tp gw banyak temen islam.. Gw jg banyak kenalan tetangga bpk2 haji..
    Prasaan tenang2 aj tiap hari.. Heran deh….
    Gw lewat jg ga pernah d triakin “Mao kemana loe! Sini adu argument soal Quran ama Alkitab!”

    Ckckckckckck.. Ampe capek gw mo ngmg apa d forum ni..

    PEACE ON

  114. Mujahid pembenci nasrani said,

    hahahaa……… Tolol banget si yg nyembah yesus… Nabi isa tu enggak mati bego… Die tu di angkat ama allah swt pas lagi di kepung dan salah satu penghianat nabi isa wajahnya di samain sama nabi isa sedangkan nabi isa di angkat ama allah swt soo masa tuhan ada kakek ada nenek ada bapak… Ahahaaha tuhan tu cma satu boss yaitu allah swt … Tar tu nabi isa di turunin lgi ke bumi buat apa…???buat ngelawan dajal ga’ tau dajal mati aje lu… Ni contoh dajal kecil sai baba… Tar dajall besar dan orang sama die bsa di idup matiin bisa mengitari bumi sekejap mata pgn lebih jelas cari ae di google kafir…. Jdi menurut gue mending lu tobat deh masuk islam… Knpa orang islam benci orang kristen contoh aje ye ni kan orang kristen 1 di puluhan orang sedangkan orang kristen ini syirik allah murka dah tu di kasih bencana yg kena siape???? Dah ah ngantuk gua ngajarin orang kafir kaya lu… Ana uhib allah swt… Ok …

  115. boy said,

    orang pada ngeributin yesus mati ato tidak…..kalo ngaku kristen ikuti kata-kata yesus gak…..?….di dunia ini sedikit pengikut Yesus yang bayak pengikut paulus dan raja kostantin karna mereka meng Imanin ajaran kostantin yg beragama pagan , omongan Yesus malah banyak yg di mentahkan, seperti melarang, memakam babi dan bersunat,juga sembahyang di hari sabat

  116. boy said,

    gak perlu berbuat baik yg penting percaya bisa masuk surga (enak dong bagi yg jahat kan bisa masuk surga juga) ….ajaran paulus

  117. boy said,

    Paulus bilang Yesus cukup untuk di sembah gak perlu di ikutin kata katanya paulus sudah mengamandemen dg perjanjian baru….jadi umatnya bebas berlaku apapun yg penting sembah Yesus akan masuk surga , ketahuilah omongan paulus lebih hebat dr omongan yesus (menurut paulus) jd gak usah sunat, gak ada yg haram smua bebaaaas, paulus sudah berjasa membuat ciptaan tuhan menjadi tuhan, buat kaum pecinta kebebasan sembahlah yesus

  118. boy said,

    dan buat kamu yg beriman ikutilah perintah yesus, bukan menyembah nya karna Yesus menyuruh kaumnya menyembah ALaah,

    buat kaum paulus sembah lah yesus, jadikan lah simbol simbol berhala pada jaman sebelum yesus sebagai simbolnya yaitu salib

    , kalau Yesus benar di salib maka yesus paling benci pada suatu benda yg namanya salib, itu simbol kemenangan kaum kafir roma dan yaudi

  119. bg saragih said,

    siapapun itu penemu tulang2 yg diduga milik Yesus, dia hanya berusaha mencari keuntungan sendiri atas hasil penemuannya.
    Smoga diampuni Yesus…

  120. djoko said,

    fakta sejarah tidak bisa dipungkiri………………….fakta sejarah tidak sama dengan keyakinan…………. keyakinan bisa salah…..

  121. selivo said,

    berita ini cuma bkin qt semua umat beragama terpecah bela…qy

  122. Rawan Satria said,

    secara manusia kita akan tersinggung dan terpukul, tapi ini adalah penggenapan nubu- atan para nabi, bahwa pada akhir zaman akan banyak penyesat. Ilmu pengetahuan kadang dipakai iblis untuk menyerang iman kita tapi yang kita butuhkan adalah pemaha haman yang benar tentang sorga – neraka, Tuhan – iblis, roh kudus – roh jahat. Jadi biar kan saja itu terjadi karena pada saatnya nanti kebenaran pasti akan nampak sesuai de ngan iman kita.

  123. charly said,

    islam tdk mengakui yesus itu adlh nabi isa,jd dgn di temukannza tulang yesus dan tulang istrinya,juga bundannya,alqur’an memang kitab yg sempurna,

  124. anak batak said,

    kalo nama yesus,yusuf,ama maria kan nama umum(pasaran) di kalangan masyarakat yahudi pda waktu itu..
    jadi mreka tidak teliti.dan satu lagi Al-Quran itu banyak meniru alkitab..
    95% sudah terbukti.5% ciptaan mereka sendiri..

  125. anak batak said,

    kalo agama itu gak ada mengajarkan jihad,apa lagi allah yang dimaksud itu kan dewa bulan..
    apaan tuh
    KAFEER..!!!

  126. lambok pasaribu said,

    babi yg bilang ada tulang yesus dimana otakmu setan anjing bagus kalau buat berita anjing kau

  127. SIHOMBING said,

    Memang kalian ne orang sakit semua…
    Ngapain kalian capek-capek ngebahas masalah ini, hanya karna berita murahan semata…
    Coba sekarang kalian pikir:

    Mengapa teori Darwin itu sekarang dilarang dipakai dan apakah religion yang anda anut sekarang ini berupa penemuan atau datang dengan sendirinya dan jatuh dari langit atau hanya karangan semata?

    Kenapa anak kecil setelah dilahirkan harus di Permandikan atau di sunat?
    karna apa? karna orang tua tau kemana jalan hidup yang benar dan mereka tak ingin anaknya jatuh kelubang yang salah….

    ~~~~~~SUDAHLAH, AKHIRI SEMUA INI~~~~~~

  128. blahblah1233445 said,

    Yup dan tetap pegang teguh perkataan Yesus yang mengatakan ” Berbahagilah orang yang percaya sekalipun tidak melihat ” jadi dari sekarang dan selamanya tidak usah percaya lagi dengan apa yang dikatakan dunia ini…karena tidak akan ada 1 orang pun atau lembaga sains manapun yg akan mampu menyeldiki ke ilahian Yesus Kristus….amin….salam damai buat kita…

  129. Rey Amakusa said,

    salut sama saudara-saudara. berita ini di posting tanggal 13 maret 2007, tapi sampe sekarang masih di komentari. itu tandanya semua antusias terhadap keimanannya. saya muslim, saya hanya percaya atas iman saya bahwa Allah swt itu satu. dan isa al masih itu adalah nabi Isa as. dia akan turun ke bumi di akhir zaman untuk membunuh dajjal. begitulah yang saya percaya dan yakini. nah,,, kalo tentang tulang belulang yang disebut pada judul say kurang percaya.
    thanks before.
    (mohon maaf sebelumnya jika ada yang tersinggung)

  130. Hamba Tuhan said,

    Dalami kitab masing-masing, pelajari. jangan dipertentangkan. yang penting praktik beragama kita dalam kehidupan sehari-hari. itu yang paling benar.

  131. Wali DI said,

    banyak kebenaran yang terungkap tapi karena sebuah doktrin maka kebenaran yang berdasarkan logika dianggap isapan jempol belaka….

  132. muhammad adam said,

    maaf permisi , baca surat an nisaa’ nya jgn cuma ayat 150 smpe 151 aja bang .
    Dr 150 smpe akhir bro .
    Nggausah baca bahasa arabnya , artinya aja , kalo anda pinter , pasti ngerti banget .
    Tp kalo stlah baca , ttp aja ky gtu , sesat .hehe

  133. muhammad adam said,

    baca yang bener ya.
    Keyakinan stiap orang pasti ada yang sama dan ada yang beda .
    Tapi mantapkanlah keyakinanmu .
    Ngga perlu emosi .

  134. Fuck Jihad said,

    Islam kafirr
    alquran cacat…
    Hahaha..

    -devil may cry-

  135. Love said,

    Mengampuni adalah tindakan balas dendam yang paling indah..

    (^_^)

  136. Fuck Jihad said,

    Muhammad tukang tipu..
    I2 hrus di pertanyakan apakah muhammad adlah seorang nabi..??

  137. Fuck Jihad said,

    Islam mengaku bahwa yg di kurbankan abraham adlah ismael ternyata ismael hanyalah anak seorang gundik yg akhirnya di usi Allah swt dri tempat kediaman abraham..
    Jdi islam i2 turunan pembantu..

  138. Fuck Jihad said,

    Islam mengaku bahwa yg di kurbankan abraham adlah ismael ternyata ismael hanyalah anak seorang gundik yg akhirnya di usir Allah swt dri tempat kediaman abraham..
    Jdi islam i2 turunan pembantu..

  139. john cinta damai said,

    islam cinta damai..
    kristen cinta damai..
    katolik cinta damai..
    hindu cinta damai..
    budha cinta damai..
    kong hu chu cinta damai..
    kn baru aja lebaran & sebentar lg natal…
    damai yuukkk…
    ^_^

  140. numpang lewat said,

    ya ampun hari gni masih pada ribut tentang agama yang benar & yang salah?

    jadilah orang yang cinta agama yakni menjalankan ajaran agama yang termaktub dalam kitab suci, bukan orang yang fanatik dengan agama yakni orang yang hanya bisa berbicara tapi tak menjalankan ajaran agama yang termaktib dalam kitab suci.

    kalau masih saja mempermalahkan seperti ini, kapan Indonesia akan maju?
    sekarang saja Indonesia sudah dibalap oleh negara2 asean seperti singapore, malaysia, thailand. baik dr perekonomian, teknologi, dll
    kalau ribut terus masalah agama seperti ini, bisa-bisa Indonesia bisa di balap oleh timor leste negara yang baru saja berdiri.

    ayo kawan kita bangkit memajukan Indonesia

  141. Ratu Londo said,

    Saya ragu dengan pernytaan ini, dan kalau memang dikarang oleh islam dan saya tidak heran , karena mereka adalah anti kristus….ke alahian Jesus tetap ditentang oleh islam agama ciptaa Muhammad.

    Sedangkan dalam Al Quran karang Muhammad ada menyatakan Jesus terangkat kesurga….berarti ayat Al Quran adalah juga bohong…jika benar kuburan tulang Jesus diketemukan…tetap jangan heran pernah terjadi Solo Jesus menampakan dirinya di langit…Penampakan Jesus sudah ada dalam file internet saya….tersimpan…begitupun dalam kerusuhan di Maluku beberapa Jesus telah menampakan dirinya bagi umat nasrani….ini terbukti Jesus tetap hidup sampai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: